SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengambil darah (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Harianjogja.com, JOGJA- Palang Merah Indonesia Cabang Kota Jogja masih mengalami kekurangan stok darah sampai usai Lebaran sehingga tidak bisa memenuhi permintaan masyarakat.

“Persediaan stok darah masih kurang sampai saat ini sehingga banyak permintaan dari masyarakat yang tidak terpenuhi,” kata Sekretaris Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Jogja, Haris Syarif Usman, Selasa (5/8/2014).

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

“Saat stok darah di PMI kurang, maka yang bisa kami sarankan ke masyarakat adalah membawa donor darah dari keluarga. Kebutuhan darah memang tidak bisa ditunda-tunda karena bisa berpengaruh pada kondisi kesehatan pasien. Kami pun sangat prihatin karena stok darah yang ada terbatas,” katanya.

Hingga pukul 15.00 WIB, stok darah di PMI Cabang Kota Jogja untuk golongan darah A komponen darah utuh atau “whole blood” (WB) kosong, sel darah merah atau PRC lima kantong, dan trombosit atau TC 17 kantong.

Golongan darah B untuk komponen WB kosong, PRC sembilan kantong, TC 24 kantong. Golongan darah O untuk komponen WB satu kantong, PRC enam kantong, dan TC 14 kantong. Sedangkan golongan darah AB komponen WB kosong, PRC dua kantong dan TC sembilan kantong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya