SOLOPOS.COM - Kepala ORI DIY, Budhi Masthuri ditemui di SMAN 1 Wates, Kulonprogo, Rabu (12/10/2022). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Solopos.com, SLEMAN — Masih ingat kasus seorang wali murid di SMAN 1 Wates, Kabupaten Kulonprogo, yang diduga mengalami intimidasi oleh petugas Satpol PP dan pihak sekolah. Ternyata, kasus tersebut telah dihentikan pihak kepolisian.

Kabid Humas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta, Kombes Pol Yulianto, mengatakan Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda DIY menghentikan penyelidikan kasus dugaan intimidasi kepada salah satu wali murid di SMAN 1 Wates oleh anggota Satpol PP dan pihak sekolah.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Dia mengatakan penghentian kasus tersebut atau SP3 telah keluar pada 28 November 2022. Polisi menilai berdasarkan hasil gelar perkara tidak ditemukan peristiwa pidana dalam kejadian itu.

“Info dari Ditreskrimum, laporan tersebut sudah dilakukan penghentian penyelidikan. Surat pemberitahuan juga sudah disampaikan kepada pelapor,” kata Yuli.

Mengenai hal itu, Ombudsman Republik Indonesia (ORI) DIY saat ini juga tengah menyusun Laporan Akhir Hasil Pemeriksaan (LAHP).

Baca Juga: Sambut Wisatawan saat Nataru, 1.000 Jip Disiapkan di Lereng Gunung Merapi

Kepala ORI DIY, Budhi Masthuri mengatakan penghentian kasus menjadi keputusan pihak penyidik. ORI DIY tidak akan mengomentari substansinya.

“Untuk keputusan penyidik polisi menghentikan penyelidikan, itu domain kewenangan penyidik,” ucapnya kepada Harianjogja.com (Solopos Media Group), Senin (12/12/2022).

Jika pelapor keberatan atas penghentian kasus ini, kata Budhi, sebaiknya menggunakan mekanisme keberatan yang disediakan Undang-Undang (UU) seperti pra peradilan, dan lainnya.

Budhi menjelaskan dalam penanganan dugaan penyalahgunaan wewenang dan penyimpangan prosedur, ORI DIY telah menyelesaikan pemeriksaan terhadap pihak-pihak terkait. Budhi berharap LAHP ini bisa segera dirampungkan oleh tim.

Baca Juga: Jadi Tempat Akad Nikah Kaesang-Erina, Ini Sejarah Pendopo Royal Ambarrukmo

“Untuk penanganan dugaan penyalahgunaan wewenang dan penyimpangan prosedur, ORI DIY telah menyelesaikan pemeriksaan terhadap pihak-pihak terkait, dan saat ini sedang dalam proses penyusunan hasil akhir pemeriksaan,” jelas dia.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Dugaan Intimidasi Wali Murid SMAN 1 Wates Dihentikan, Ini Tanggapan ORI DIY

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya