SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, BANTUL-Jelang pemilu yang tinggal menghitung hari, kabar aksi politik uang kian merebak di Bantul. Tidak hanya memberikan barang, tim sukses (timses) caleg dikabarkan sibuk bergerilya ke rumah-rumah menebar uang puluhan ribu rupiah.

Sejumlah warga di Bantul mengungkapkan, aksi politik uang yang terjadi di daerah ini. Sumber Harian Jogja di Kecamatan Sanden mengungkapkan, aksi bagi-bagi uang dilakukan hampir mayoritas caleg dari berbagai partai politik (Parpol).

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Tim sukses caleg tersebut mendatangi satu per satu rumah-rumah penduduk pada malam hari dan membagi-bagikan uang senilai Rp20.000-Rp30.000 per orang.

“Ngeri kalau di sini, semua orang sudah tahu soal itu, semuanya pada main uang, jarang ada yang bersih,” kata sumber itu yang meminta identitasnya dirahasiakan, Minggu (6/4/2014).

Ia sendiri, kata sumber itu, tidak disinggahi oleh tim sukses caleg untuk diberi uang karena kedekatannya dengan salah satu partai politik. Namun mulai dari kerabat hingga tetangga di kampungnya tak luput dari aksi politik uang.

“Warga itu bahkan menunjukkan kebodohannya dengan bilang kalau enggak dikasih uang enggak mau nyoblos, itu kan benar-benar pragmatis sekali,” imbuhnya.

Tidak hanya menebar uang, caleg itu sebagian membagi-bagikan barang. Seperti mesin genset untuk sekelompok warga. “Jadi dusun saya itu kan ada sekitar 300-an pemilih, itu mereka minta ke caleg diberi genset enggak hanya uang,” imbuhnya.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Fitur-fitur di Google Maps yang Penting Kamu Ketahui

Fitur-fitur di Google Maps yang Penting Kamu Ketahui
author
Akhmad Ludiyanto Senin, 6 Mei 2024 - 16:44 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi Peta lokasi (Google Maps)

Solopos.com, JAKARTA – Salah satu fitur yang terdapat di Google Maps adalah panduan jalan menuju ke suatu tempat. tetapi ternyata ada banyak fitur lain yang penting untuk kamu ketahui.

Google Maps telah menjadi alat navigasi yang tidak tergantikan bagi banyak orang di seluruh dunia. Dengan fitur-fitur canggih yang terus berkembang, Google Maps tidak hanya membantu kita menemukan arah, tetapi juga menemukan tempat-tempat baru, membaca ulasan, dan bahkan memeriksa kualitas udara.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

 

Berikut merupakan fitur-fitur terbaik Google Maps yang dapat memudahkan perjalanan Anda:

Koran Solopos

1.Live View untuk Navigasi Pejalan Kaki

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan arah melalui tampilan kamera ponsel Anda. Cukup cari tujuan di Maps dan ikuti petunjuk di layar untuk membantu Maps menemukan lokasi Anda. Ikuti petunjuk di layar untuk membantu Maps menemukan lokasi Anda, dan setelah Maps mengetahui di mana Anda berada, Anda akan mendapatkan petunjuk arah melalui tampilan kamera di layar Anda.

“Ini adalah salah satu fitur yang paling rumit secara teknis untuk diterapkan di Maps, karena mengandalkan citra Street View yang dipadukan dengan AI tercanggih dan teknologi augmented reality,” kata Direktur Manajemen Produk untuk Maps Amanda Leicht Moore.

 

Emagazine Solopos

2. Menemukan Rute yang Lebih Hemat Bahan Bakar

Jika Anda menggunakan Google Maps, ada opsi untuk melihat rute mana yang paling hemat bahan bakar. Mengetuk rute dengan ikon daun akan menunjukkan berapa banyak bahan bakar atau bagi pengemudi kendaraan listrik, berapa banyak energi yang dapat Anda hemat dengan mengambil jalur ramah lingkungan, dan perbedaan waktu antara rute tersebut dan rute yang tercepat.

Fitur ini dilaporkan telah membantu mencegah lebih dari 1,2 juta metrik ton emisi karbon sejak diluncurkan atau setara dengan menghilangkan sekitar 250.000 mobil berbahan bakar dari jalan raya selama setahun.

3. Menambahkan Beberapa Tujuan Tambahan ke Dalam Perjalanan

Saat Anda dalam perjalanan, kemungkinan besar Anda akan berhenti ke suatu tempat sebelum mencapai tujuan akhir seperti mengisi bahan bakar, membeli makanan di restoran atau bahkan menjemput teman Anda. Anda dapat menambahkan beberapa tujuan ke petunjuk arah Anda di Google Maps.

Interaktif Solopos

Setelah Anda mencari tujuan pertama Anda, ketuk “Petunjuk Arah” lalu pilih tiga titik di kanan atas. Ketuk “Tambahkan perhentian” dan cari tujuan Anda berikutnya. Ulangi proses ini hingga Anda menambahkan semua perhentian, lalu ketuk “Selesai.” Google Maps akan menghitung rute terbaik antara semua tujuan Anda dan memberi perkiraan waktu tiba. Anda dapat menambahkan hingga 9 perhentian ke rute Anda, mengubah urutan perhentian dengan menyeret dan melepaskannya, menghapus perhentian, dan membagikan petunjuk arah Anda kepada orang lain.

4. Unduh Maps untuk Digunakan Secara Offline

Jika Anda akan melakukan perjalanan ke daerah dengan layanan internet yang buruk, Anda masih bisa mencapai tujuan Anda dengan mengunduh peta untuk digunakan secara offline. Amanda menjelaskan bahwa ini adalah salah satu fitur Maps yang paling banyak diminta. “Ini benar-benar bisa membantu Anda ketika Anda tersesat karena layanan internet yang tidak stabil,” ujarnya.

Untuk mengaktifkan fitur ini, cukup pilih gambar profil atau ikon inisial Anda di pojok kanan atas layar, lalu ketuk “Peta offline” dan pilih “Pilih peta Anda sendiri”. Setelah memilih area yang ingin Anda akses saat offline, cukup ketuk “Unduh”, dan Anda dapat menggunakan peta tersebut untuk bernavigasi tanpa koneksi internet.



5. Mengetahui Waktu Terbaik untuk Mengunjungi Suatu Tempat

Anda pasti pernah merencanakan perjalanan ke taman hiburan, mal, atau bahkan restoran dengan harapan tempat tersebut sepi dari pengunjung. Google Maps punya fitur untuk menjawab itu semua. Setelah Anda menelusuri suatu tempat di Google Maps, saat Anda menggulir ke bawah, Anda akan menemukan grafik yang menunjukkan waktu-waktu yang padat pengunjung, menunjukkan seberapa sibuknya tempat tersebut pada waktu yang berbeda dalam sehari. Anda bahkan dapat melihat betapa sibuknya suatu tempat saat ini sehingga Anda dapat menghemat waktu dan menghindari antrean panjang.

Fitur-fitur ini hanyalah sebagian dari apa yang ditawarkan Google Maps untuk membuat hidup Anda sedikit lebih mudah. Dengan terus mengembangkan teknologi dan fitur baru, Google Maps berkomitmen untuk membantu penggunanya menavigasi dunia dengan lebih percaya diri dan efisien.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “5 Fitur Tersembunyi Google Maps yang Jarang Diketahui, Bensin Makin Hemat”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

The Sunan Hotel Solo Raih Penghargaan Prayoga Bhayanaka Ketenagakerjaan Award

The Sunan Hotel Solo Raih Penghargaan Prayoga Bhayanaka Ketenagakerjaan Award
author
Rohmah Ermawati Senin, 6 Mei 2024 - 16:36 WIB
share
SOLOPOS.COM - The Sunan Hotel Solo meraih Juara III dalam kategori Tata Kelola Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SPUK) Tingkat Perusahaan Ajang Prayoga Bhayanaka Ketenagakerjaan Awards yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–The Sunan Hotel Solo berhasil menorehkan prestasi membanggakan dalam perhelatan Prayoga Bhayanaka Ketenagakerjaan Awards yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Solo, baru-baru ini.

Dalam ajang tersebut, The Sunan Hotel Solo berlokasi di Jl. Ahmad Yani, Kerten, Laweyan, Solo, meraih Juara III dalam kategori Tata Kelola Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SPUK) Tingkat Perusahaan.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Penghargaan diserahkan pada Minggu (5/5/2024) Widyastuti Pratiwiningsih selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja Solo kepada perwakilan SPSI The Sunan Hotel Solo Nurahman Arie Wijayanto, bertempat di kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Solo.

Koran Solopos

Penghargaan ini merupakan simbol pengakuan atas kepatuhan dan dedikasi The Sunan Hotel Solo dalam menerapkan norma ketenagakerjaan sesuai dengan Undang-Undang, serta dalam membangun ekosistem hubungan industrial yang sehat dan produktif.

“Fokus utama hotel kami adalah pada tata kelola yang baik dalam organisasi serikat pekerja di unit perusahaan, serta pengelolaan ketenagakerjaan yang efektif di lingkungan perhotelan,” kata General Manager The Sunan Hotel Solo Retno Wulandari melalui keterangan resmi yang dikutip Senin (6/5/2024).

Dia menyatakan jajaran pimpinan dan karyawan The Sunan Hotel Solo merasa terhormat dan bangga menerima penghargaan ini.

Emagazine Solopos

“Ini adalah bukti nyata dari komitmen kami untuk selalu memperhatikan kesejahteraan karyawan dan memperkuat kerja sama dengan semua pihak terkait, termasuk Dinas Tenaga Kerja, serikat pekerja dan stakeholder lainnya,” ungkap dia

Prestasi ini tidak hanya menegaskan posisi The Sunan Hotel Solo sebagai pelopor tata kelola serikat pekerja yang baik di industri perhotelan, tapi juga pelpor dalam menciptakan lingkungan kerja yang harmonis dan menguntungkan untuk semua.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Alhamdulillah! Mayoritas Jemaah Haji Kabupaten Semarang Merupakan Petani

Alhamdulillah! Mayoritas Jemaah Haji Kabupaten Semarang Merupakan Petani
author
Imam Yuda Saputra Senin, 6 Mei 2024 - 16:34 WIB
share
SOLOPOS.COM - Bupati Semarang Ngesti Nugraha saat memberikan sambutan dalam acara pelepasan jamaah haji di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang, Senin (6/5/2024). (Istimewa)

Solopos.com, UNGARAN – Ibadah haji ke Tanah Suci Makkah menjadi impian bagi setiap umat Islam, tak terkecuali warga Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Uniknya dari 800 calon jemaah haji dari Kabuaten Semarang pada tahun 2024 ini, mayoritas berprofesi sebagai petani dan pegawai swasta.

Hal itu diungkapkan Pelaksana Harian (Plh) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang, Zulkifli. Ia menyebut, calon jemaah haji yang direncanakan berangkat pada Senin (27/5/2024) mayoritas adalah petani dan pegawai swasta. Sisanya, merupakan pegawai negeri sipil (PNS) dan ibu rumah tangga. Sementara untuk calon Jemaah haji dengan usia tertua yang diberangkatkan berumur 89 tahun dan termuda berusia 21 tahun.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

“Seluruh calon jemaah telah mengikuti bimbingan manasik haji di setiap kecamatan masing-masing. Kami mohon doa agar perjalanan haji bisa berjalan dengan lancar,” kata Zulkifli, Senin (6/5/2024).

Zulkifli juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Semarang yang telah banyak membantu dengan menyiapkan beberapa fasilitas pendukung yang memperlancar persiapan keberangkatan calon jemaah haji.

Koran Solopos

“Termasuk penyediaan sarana transportasi menuju dan dari Asrama Haji [Donohudan] di Boyolali, sehingga calon jemaah tidak perlu mengeluarkan biaya lagi,” terangnya.

Sesuai jadwal, nantinya sebanyak 116 calon jemaah haji akan masuk kelompok terbang 56 bersama calon jemaah haji dari Kota Semarang. Kemudian 167 calhaj ikut dalam kloter 57 bersama calhaj dari Kota Salatiga. Sedangkan kloter 58 akan diisi penuh 352 calhaj asal Kabupaten Semarang. Ketiga kloter tersebut akan diberangkatkan ke Jeddah, Arab Saudi pada 27 Mei 2024 mendatang.

Sementara untuk sisanya, sebanyak 154 calhaj akan diberangkatkan bersama calhaj dari Kabupaten Grobogan pada 28 Mei 2024.

Emagazine Solopos

Bupati Semarang, Ngesti Nugraha, dihadapan para calhaj memberikan semangat agar para jemaah haji tetap menjaga kesehatan jelang keberangkatan dan saat berada di Tanah Suci. Mengingat ibadah haji membutuhkan fisik yang prima.

“Jaga sikap dan perilaku sesuai tuntutan agama. Perbanyak doa untuk diri sendiri, keluarga, bangsa, dan negara,” pesan Bupati.

Sementara salah seorang calhaj, Qi Mangku Bahjatulloh, mengungkapkan terima kasih terhadap semua pihak yang telah membantu kelancaran persiapan haji dan pemaknaan ibadah haji nantinya.

Interaktif Solopos



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories