SOLOPOS.COM - Ilustrasi PPDB di Kota Jogja. (JIBI/Harian Jogja/ Gigih M. Hanafi)

PPDB 2017 sudah dapat dimulai secara manual.

Harianjogja.com, SLEMAN — Total daya tampung untuk PPDB Sleman baik di SMP swasta maupun negeri sebanyak 13.472. Namun, jumlah lulusan baik SD dan MI di Sleman mencapai 14.960 anak.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Plt Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Arif Haryono membenarkan ada selisih antara daya tampung serta jumlah anak yang akan melanjutkan pendidikannya. Namun, kekurangan ini bisa ditutupi dengan daya tampung di MTs.

“Bisa juga ada yang sekolahnya ke luar kabupaten,”ujarnya ketika dikonfirmasi pada Minggu (2/6/2017).

Ia menjelaskan sebanyak 54 SMP negeri di seluruh Sleman memiliki daya tampung 349 rombongan belajar (rombel). Jumlah tersebut mencakup 7.936 calon siswa yang bisa diterima melalui proses PPDB real time online (RTO). Sedangkan untuk sekolah swasta sendiri memiliki daya tampung hingga 173 rombel. Dengan demikian, ada kuota 5.536 anak yang bisa mengenyam pendidikan di SMP swasta di Sleman.

Sebagian besar daya tampung diutamakan bagi calon siswa yang berada dari dalam wilayah kabupaten. Mengacu pada Permendikbud Nomor 17/2017, kuota penerimaan dari dalam kabupaten sebesar 90%. Sedangkan dari luar daerah hanya sebesar 10%. Hal ini sebagai upaya agar jarak antara sekolah siswa semakin dekat dengan kediamannya sehingga kontrolnya lebih mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya