SOLOPOS.COM - Ilustrasi penerimaan peserta didik baru atau PPDB. (freepik)

Solopos.com, SLEMAN — Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP untuk jalur afirmasi di sejumlah sekolah di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, terpantau sepi peminat.

Dari pantauan Harianjogja.com (Solopos Media Group) pada laman sleman.siap-ppdb.com pada Selasa (13/6/2023) hingga sekitar pukul 17.30 WIB, masih banyak kuota jalur afirmasi yang belum terisi di sejumlah sekolah.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

SMPN 1 Depok yang menyediakan kuota afirmasi 29 orang, belum terisi sama sekali hingga Selasa petang. Kondisi serupa dialami SMPN 2 Depok dan SMPN 3 Depok.

Keduanya yang menyediakan kuota masing-masing 19 siswa dari jalur afirmasi, tetapi belum ada yang daftar. Sementara di SMPN 5 Depok dari 19 kuota jalur afirmasi tercatat ada empat pendaftar, tiga di antaranya merupakan disabilitas.

Bergeser ke Mlati, kuota 19 siswa di jalur afirmasi SMPN 1 Mlati ludes diserbu pendaftar. Sementara di SMPN 2 Mlati tercatat ada satu orang pendaftar yang merupakan disabilitas. di SMPN 3 Mlati, hingga Selasa petang belum ada pendaftar di jalur afirmasi.

Kondisi cukup berbeda terjadi di Kapanewon Sleman, kuota jalur afirmasi nyaris laris di beberapa sekolah. Di SMPN 1 Sleman tercatat sudah ada 26 pendaftar dari 33 kuota yang disiapkan. Dua di antaranya merupakan pendaftar dari disabilitas.

Sementara di SMPN 2 Sleman, kuota 29 siswa afirmasi penuh di isi pendaftar. Hal yang sama terjadi di SMPN 3 Sleman di mana kuota 24 siswa afirmasi telah terisi penuh oleh para pendaftar.

Sementara di SMPN 5 Sleman, alokasi 19 kursi afirmasi baru terisi delapan pendaftar. Data-data di atas masih bisa berubah hingga PPDB jalur afirmasi ditutup.

Pendaftaran PPDB paling awal dibuka untuk jalur afirmasi KK miskin dan afirmasi disabilitas. Pendaftaran pada jalur ini dibuka pada 12 Juni 2023 pukul 08.00 WIB dan berakhir pada 13 Juni 2023 pukul 14.00 WIB.

“Beberapa jalur sudah kita dahulukan supaya tidak berbarengan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Ery Widaryana, Selasa.

Pengumuman hasil PPDB jalur afirmasi selanjutnya akan diumumkan pada 14 Juni 2023 mulai pukul 10.00 WIB. “Jadi jalur afirmasi ini pengumumannya tanggal 14 sudah diumumkan. Jadi kalau sudah diumumkan diterima itu ya sudah,” jelasnya.

Jalur afirmasi, terdiri dari dua jalur. Pertama jalur afirmasi keluarga miskin. Kedua, jalur afirmasi disabilitas dengan kuota jalur afirmasi sebesar 15% dari daya tampung sekolah dengan rincian 12% diperuntukan bagi penduduk Sleman dari keluarga ekonomi tidak mampu dan tiga persen bagi penyandang disabilitas. Bila kuota pada jalur ini sisa, maka kuota tersebut akan dialokasikan ke jalur lain.

“Kalau di jalur-jalur awal itu kuotanya masih, kuotanya digabung ditambahkan di zonasi wilayah,” tegasnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul PPDB SMP Jalur Afirmasi di Sleman Sepi Pendaftar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya