SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI)

Harianjogja.com, JOGJA—Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jogja menyatakan hujan dengan intensitas lebat akan terjadi hingga akhir pekan ini. Hal itu terjadi menyusul adanya gangguan cuaca.

“Ada belokan angin dari daerah bertekanan rendah. Hal ini berpengaruh terhadap jumlah uap air. Akibatnya curah hujan yang dihasilkan intensitasnya lebat yakni 50-100 mm/jam,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Yogyakarta Tony Agus Wijaya, Kamis (12/12/2013).

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

Selain hujan lebat, menurut dia, gangguan cuaca juga berdampak pada kecepatan angin. Meski begitu, dia memastikan tidak ada peluang terjadi angin puting beliung di DIY.

“Kecepatan angin bisa mencapai 30-40 kilometer/jam. Dan ada kecenderungan hujan yang turun akan disertai angin, tetapi tidak sampai puting beliung,” jelasnya.

BMKG DIY mengimbau kepada warga dan pemerintah daerah untuk mempersiapkan diri mengenai kemungkinan terjadinya banjir dan genangan.

Diharapkan dengan pendeteksian dini tersebut, minimalisasi terjadinya korban bisa dilakukan.

“Kami harapkan semua pihak memerhatikan saluran air dan daerah rawan longsor yang ada di sekitarnya,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya