SOLOPOS.COM - Ilustrasi korban perkosaan atau pencabulan. (freepik.com)

Solopos.com, SLEMAN — Budi Mulyana, 54, terdakwa kasus predator seks dijatuhi hukuman 16 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (8/9/2023). Vonis ini lebih rendah dibandingkan dengan tuntutan jaksa yang menuntut hukuman maksimal.

Vonis terhadap Budi Mulyana itu dibacakan majelis hakim yang diketuai Aminuddin di PN Sleman. Dalam putusannya, Aminuddin mengatakan jika terdakwa terbukti bersalah melanggar Pasal 82 ayat 1 dan 2 tentang Undang-undang Perlindungan Anak Juncto Pasal 76 E UU Perlindungan Anak.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

“Menyatakan terdakwa Budi Mulyana alias Omyang alias papi alias Koko, anak dari Sugeng Rahardjo, telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah, melakukan tindak pidana, dengan sengaja membujuk anak melakukan persetubuhan dengannya, dan membujuk, sebagaimana dalam dakwaan alternatif yang pertama, dan alternatif kedua,” kata Aminuddin.

Dia menuturkan selain menjatuhkan hukuman kepada terdakwa dengan pidana penjara selama 16 tahun dan pidana denda Rp2 miliar. Terdakwa juga dibebankan membayar restitusi kepada dua korban masing-masing senilai Rp19,3 juta.

“Menjatuhkan hukuman pidana kepada terdakwa, oleh karena ini dengan pidana penjara selama 16 tahun dan pidana denda sejumlah Rp2 miliar, dengan ketentuan apabila tidak membayar maka diganti pidana kurung selama 6 bulan,” lanjut Aminuddin.

Aminuddin menuturkan terdakwa langsung ditahan. Sedangkan barang bukti berupa minuman keras dimusnahkan dan barang bukti berupa handphone akan dirampas untuk negara.

Penasihat hukum terdakwa Budi Mulyana, Anargha Nandi mengaku pikir-pikir dengan putusan ini. Meski demikian, pihaknya bersyukur dengan tidak dikabulkannya tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum agar terdakwa dikebiri kimia.

“Alhamdulillah tuntutan kebiri ditolak,” kata Anargha.

Sebelumnya, Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Sleman, Agung Wijayanto, mengatakan dalam sidang yang berlangsung pada Selasa (8/8/2023), JPU menuntut terdakwa dengan hukuman maksimal, yakni penjara selama 20 tahun dan denda Rp2 miliar subsider enam bulan kurungan.

Selain itu, beberapa tuntutan pidana tambahan juga diberikan kepada terdakwa, yakni restitusi kepada dua orang korban dan hukuman kebiri kimia.

“Pidana tambahan menjatuhkan hukuman kepada terdakwa untuk dikenai tindakan berupa kebiri kimia,” ujarnya.

Terdakwa sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka oleh Ditreskrimum Polda DIY dalam kasus pencabulan 17 anak perempuan di bawah umur. Terdakwa diketahui menyetubuhi para korbannya yang masih berusia 13-17 tahun di salah satu apartemen di wilayah Sleman.

Kasus ini awalnya terungkap ketika guru sekolah salah satu korban mendapati percakapan yang mencurigakan di ponsel korban, yang menyebutkan tentang foto telanjang. Guru tersebut melaporkan temuannya ke polisi dan terbongkarlah perilaku bejat terdakwa.

Dari keterangan polisi, terdakwa merupakan seorang pengusaha toko di wilayah Bantul. Dengan uangnya, pria paruh baya ini menjerat para korban untuk mau bersetubuh dengannya. Hal ini diketahui sudah berlangsung sejak awal 2023 silam.

Diberitakan sebelumnya, dari pemeriksaan forensik digital pada ponsel Budi Mulyana (BM), polisi menemukan banyak video para korbannya saat sedang melakukan hubungan badan dengan BM. Kepada polisi, BM mengaku merekamnya hanya untuk konsumsi pribadi.

Dalam menjalankan aksinya, BM mengiming-imingi para korban dengan uang sebesar antara Rp300.000-Rp800.000.

“Awalnya BM merayu korban N, yang waktu itu berusia 16 tahun. N ini lalu mengajak teman-temannya yang lain hingga 17 orang,” kata dia.

BM bertemu dengan korbannya dari pergaulan di kafe-kafe. Selain korban anak-anak, BM juga sering melakukannya dengan perempuan-perempuan dewasa.

“Namun, kami lebih fokus ke penanganan korban anak di bawah umur karena menjadi perhatian bersama terkait dengan pencabulan anak,” katanya.

Atas perbuatannya, BM disangkakan Pasal 81 ayat 2 UU No 17/2016 tentang Perlindungan Anak dengan hukuman penjara minimal lima tahun penjara dan maksimal 15 tahun penjara atau denda Rp5 miliar.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Predator 17 Anak di Sleman Divonis 16 Tahun Penjara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya