SOLOPOS.COM - Pemimpin Redaksi Harian Jogja Anton Wahyu Prihartono (paling kanan) menyerahkan kenang-kenangan berupa karikatur kepada Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) DIY Arief Budi Santoso (tengah) didampingi Deputi Kepala KPw BI DIY Hilman Tisnawan (paling kiri) di KPw BI DIY, Jogja, Rabu (11/1/2017) sore. (Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja)

Prediksi pertumbuhan ekonomi DIY diungkapkan oleh Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) DIY di akhir masa jabatan

Harianjogja.com, JOGJA–Arief Budi Santoso menyerahkan jabatan sebagai Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) DIY kepada Budi Hanoto dalam prosesi serah terima jabatan di KPw BI DIY, Jumat (13/1/2017). Arief optimistis, DIY akan berkembang lebih besar lagi.

Promosi Meniti Jalan Terakhir menuju Paris

Arief mengatakan, DIY memiliki potensi yang sangat besar. Potensi-potensi tersebut masih bisa dikembangkan lagi. “DIY ini masih bisa lebih besar lagi dengan koordinasi yang baik,” kata dia kepada Harian Jogja di KPw BI DIY, Rabu (11/1/2017).

Ia mengungkapkan, dari sisi sektoral, pariwisata masih akan tumbuh seiring dengan membaiknya ekonomi domestik. Hal itu mengingat karakteristik kunjungan wisatawan ke DIY yang masih didominasi oleh wisatawan domestik. KPw BI DIY yakin ekonomi 2017 mampu tumbuh lebih tinggi di kisaran 5,0%-5,4%.

Selanjutnya, BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi DIY pada periode 2018-2021 juga akan berada pada lintasan meningkat di atas pertumbuhan nasional pada 2021 di kisaran 5,9%-5,3% dengan ditopang inflasi yang rendah. Untuk mencapai perkiraan tersebut, optimalisasi seluruh potensi ekonomi perlu dilakukan. Tumpuan ekonomi DIY pada sektor pariwisata harus lebih dikembangkan.

Selesainya pembangunan bandara baru di Kulonprogo dan optimalisasi pemanfaatannya untuk kesejahteraan masyarakat DIY perlu mendapat perhatian bersama.

Ia yakin, Budi Hanoto akan mampu mengurus DIY dengan sebaik-baiknya. Budi Hanoto dinilai sebagai pribadi yang cerdas dan memiliki komunikasi yang bagus, baik internal maupun eksternal. “Saya yakin di bawah kepemimpinan Mas Budi, DIY akan semakin maju. Kami memiliki visi dan misi yang sama,” kata dia.

Arief menungkapkan, Budi Hanoto pun memiliki prinsip yang sama dengannya yakni di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Arief melepas jabatannya lantaran akan mengecap jabatan baru sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara.

Sementara, Budi Hanoto yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Departemen Manajemen Strategis dan Tata Kelola Bank Indonesia Jakarta, akan menggantikan Arief sebagai Kepala KPw BI DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya