SOLOPOS.COM - Ilustrasi program bela negara (JIBI/Bisnis/Antara)

Program Bela Negara, Gunungkidul turut mengirimkan perwakilan.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul berencana mengirimkan sepuluh relawan bela negara. Pengiriman relawan ini disesuaikan dengan kuota yang ditentukan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Gunungkidul Wahyu Nugroho mengatakan, seluruh persiapan untuk kader bela negara sudah disiapkan. Adapun sepuluh relawan yang akan diberangkatkan sudah terdata dan tinggal memberangkatkan.

“Yang kami berangkatkan dari beberapa kalangan seperti organisasi kepemudaan, organisasi kemasyarakatan hingga anggota Satpol PP,” kata Wahyu kepada awak media, Rabu (21/10/2015).

Dia menjelaskan, pengiriman kader ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebab, kuota yang tersedia sudah disesuaikan dengan jatah yang diberikan kementerian.

“Kita hanya mendapat jatah sepuluh relawan. Jadi yang dikirimkan sesuai dengan jatah itu,” papar Wahyu.

Rencananya kesepuluh kader itu akan menjalani pelatihan bela negara di Resimen Induk Kodam IV/ Diponegoro di Magelang, Jawa tengah selama satu bulan. Hanya saja, untuk keberangkatan, wahyu mengakui belu tahu jadwal pastinya.

“Rencananya akan dikirim hari ini [kemarin], tapi karena sesuatu hal keberangkatannya diundur. Yang jelas kami sudah siap, sehingga kalau disuruh berangkat akan langsung kami kirim,” ungkapnya.

Menurutnya, upaya mengirimkan perwakilan kader bela negara memang sangat penting. Saat ini, pendidikan mengenai kewarganegaraan dan bela negara sudah tidak ada dalam kurikulum sekolah. Untuk itu, agar tetap mengobarkan semangat kebangsaan, menjaga kedaulatan dan juga martabat negara, konsep bela negara dimunculkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya