SOLOPOS.COM - Pengerjaan konstruksi tol Jogja Bawen di wilayah DIY. - Istimewa.

Solopos.com, JOGJA — PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB) mencatat progres pembangunan konstruksi jalan tol Jogja-Bawen sampai saat ini sudah mencapai 31,31 persen. Sedangkan pembebasan lahan jalan tol tersebut hingga akhir Juni 2023 sudah mencapai 65,64 persen.

Direktur Utama PT JJB, A. J. Dwi Winarsa, mengatakan pihaknya mencatat progres pembangunan konstruksi untuk seksi 1 Junction (JC) Sleman-Banyurejo telah mencapai 31,31 persen. Progres pembangunan ini sesuai dengan perencanaan awal.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Dia menjelaskan sesuai target dan prioritas pembangunan proyek tol Jogja-Bawen, pekerjaan konstruksi yang menjadi prioritas adalah konstruksi seksi 1 JC Sleman-Simpang Susun (SS) Banyurejo sepanjang 8,8 kilometer. Selain itu seksi 6 SS Ambarawa-JC Bawen sepanjang 6,3 kilometer.

Konstruksi untuk kedua seksi tersebut ditargetkan rampung pada kuartal IV tahun 2024 yang nantinya akan beroperasi terlebih dahulu.

“Untuk seksi 6 SS Ambarawa-JC Bawen nantinya akan terkoneksi dengan Jalan Tol Semarang-Solo. Setelah itu, progres konstruksi akan dilanjutkan pada tiga seksi lainnya yaitu Seksi 2 SS Banyurejo-Borobudur, Seksi 3 Borobudur-SS Magelang dan Seksi 4 SS Magelang-SS Temanggung,” ujar Dwi, Jumat (14/7/2023).

Dwi menyampaikan seksi 5 SS Temanggung-SS Ambarawa sepanjang 21,4 kilometer akan menjadi seksi terakhir yang menjadi prioritas konstruksi dan akan melengkapi pengoperasian jalan Tol Jogja-Bawen secara penuh.

“Hal ini menyesuaikan rencana alokasi dana pembebasan lahan dari pemerintah serta menimbang kondisi geografis yang berupa perbukitan sehingga PT JJB akan melakukan pembangunan tunnel/terowongan sepanjang 500 meter di seksi ini,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Terbaru! Pembangunan Konstruksi Tol Jogja Bawen Seksi 1 Capai 31 Persen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya