SOLOPOS.COM - Taman Kuliner Wonosari. (Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja)

Pertimbangan memilih lokasi itu, salah satunya untuk membantu proses promosi kawasan itu.

Harianjogja.com, WONOSARI – Ajang tahunan Festival Kesenian Yogyakarta baru akan digelar di bulan depan, namun Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gunungkidul sudah memilih Taman Kuliner sebagai tempat perhelatan. Pertimbangan memilih lokasi itu, salah satunya untuk membantu proses promosi kawasan itu yang baru diresmikan beberapa tiga bulan yang lalu.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Gunungkidul Ristu Raharja mengatakan, FKY tahun ini menggunkan lokasi yang berbeda dengan penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya. Biasanya eks Terminal Baleharjo digunakan sebagai pergelaran, namun untuk penyelenggaraan pada 3-7 September mendatang akan menggunakan area Taman Kuliner, yang berada di belakang Kantor Pemkab Gunungkidul.

Pertimbangan memilih lokasi ini karena ingin membantu proses promosi taman kuliner. Sebagai tempat nongkrong baru, kata Ristu tempat tersebut masih butuh promosi, sehingga dengan adanya kegiatan FKY bisa lebih mengenalkan sentra kuliner tersebut. “Kita bisa saling melengkapi. Untuk saat ini, kami sudah mulai melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait,” kata Ristu kepada Harian Jogja, Jumat (5/8/2016).

Untuk mewujudkan penyelenggaraan di Taman Kuliner, Ristu mengaku sudah mulai memesan tempat untuk pendirian pangung untuk pergelaran. Rencananya panggung itu didirikan di lokasi lapangan voli atau eks lapangan tenis yang ada di samping taman. “Mudah-mudahan tidak ada masalah sehingga kegiatan bisa berjalan tepat waktu,” tuturnya.

Secara garis besar, ia menerangkan, ajang tahunan ini akan menampilkan berbagai atraksi pentas seni budaya yang ada di Gunungkidul. Sedang untuk rincian kegiatan baru akan membentuk unsur kepanitian, guna mengkreasikan acara apa saja yang akan ditampilkan.

Terpisah, Kepala Kantor Pengelolaan Pasar Gunungkidul Widagdo menyambut baik pemindahaan lokasi acara FKY dari eks Terminal Baleharjo ke Taman Kuliner. Harapannya dengan pemindahan itu bisa mempromosikan lokasi taman sehingga keberadaannya makin dikenal luas oleh masyarakat. “Pada intinya, kami setuju, sebab ini juga bisa sebagai ajang promosi gratis,” katanya.

Menurut dia, untuk saat ini keberadaan Taman Kuliner sudah menunjukan geliat yang positif. Namun perkembangan ini belum disambut oleh penghuni kios, karena masih ada beberapa pedagang yang belum mau buka dan menempati kios yang disediakan pemkab. “Kita tunggu hingga 20 Agustus, kalau memang sudah tidak berminat lagi maka sewa kios akan kami pindahtangankan ke orang lain,” ungkapnya. (David Kurniawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya