SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi peternakan ayam (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Foto ilustrasi peternakan ayam (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, BANTUL – Warga Dusun Gunungan Desa Sumbermulyo, Bambanglipura dalam sepekan dibuat resah. Puluhan ayam peliharaan rumah ditemukan mati secara bergiliran.

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

Warga belum mengetahui penyebab pasti matinya ayam yang tiap harus bertambah.

Ngadi, warga di Dusun Gunungan mengaku kehilangan empat ekor ayam karena mati tanpa sebab. Matinya empat ayam milik Ngadi ini disusul adanya masalah beberapa ayam lain kini mulai nampak sakit-sakitan.

“Kotorannya tidak seperti biasa dan bagian kepala nampak kebiru-biruan,” katanya, Selasa (27/8/2013).

Ngadi mengamati seluruh ayamnya yang mati mengalami gejala yang sama sebelum akhirnya tak tertolong. Ia mengaku pernah memberikan ramuan obat tradisional namun hal itu tidak memberikan pertolongan.

“Saya langsung bakar bangkainya agar tidak menular ke ayam yang lain,” ujarnya.

Dinah, tetangga Ngadi juga mengungkapkan hal yang sama. Ayam kampung peliharaannya tiap hari selalu ada yang ditemukan mati.

“Gejala awalnya yang hampir sama punya Pak Ngadi itu,” ungkapnya ibu rumah tangga sudah kehilangan lebih dari sepuluh ekor. Ia juga menyatakan tidak tahu menahu penyebab ayam kampungnya mati mendadak.

“Apakah karena cuasa dingin atau sebab lainnya kami tidak tahu. Tapi sebelumnya tetangga di sini juga ayamnya mati,” kata Dinah.

“Kami berharap petugas turun tangan,” tambah Widodo, warga Sumbermulyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya