SOLOPOS.COM - Ilustrasi jemaah haji beribadah di depan Ka'bah. (Freepik).

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Sebanyak 33 calon haji asal Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, gagal berangkat ke Tanah Suci pada tahun 2023. Ada beberapa penyebab puluhan calon haji tersebut tidak jadi berangkat.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Gunungkidul, Taufik Ahmad Soleh, mengatakan pemerintah pusat tahun ini memberikan kuota calon haji dari Gunungkidul sebanyak 416 orang. Jumlah ini terdiri dari calon haji yang telah melunasi pembayaran dan pemberangkatannya ditunda karena pandemi Covid-19 sebanyak 218 orang.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Sedangkan sisanya sebanyak 198 ornag merupakan calon haji baru. Ia menyampaikan pada saat pelunasan untuk calon haji baru tidak semuanya membayar karena total yang dinyatakan lunas hanya 388 calon haji.

“Ada 33 orang yang tidak melunasi pembayaran biaya haji. Oleh karenanya mereka gagal berangkat di tahun ini,” kata Taufik, Jumat (19/5/2023).

Dia menjelaskan, ada beberapa faktor yang menyebabkan puluhan warga tidak jadi berangkat menunaikan ibadah haji di tahun ini. Selain dikarenakan calon haji meninggal dunia, juga ada yang sakit, maupun tidak ada pendampingnya.

“Jadi ditunda pemberangkatannya. Sedangkan untuk yang meninggal ada opsi diganti dengan calon lain atau dana terbayarkan bisa ditarik,” ungkapnya.

Meski ada yang gagal berangkat, Taufik memastikan kuota 416 calon haji bisa terisi semua. Pasalnya, slot yang masih kosong diisi oleh calon haji yang masuk daftar cadangan.

“Semua sudah beres karen calon cadangan juga telah melunasi biaya haji,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul 33 Calon Haji Asal Gunungkidul Gagal Berangkat, Ini Alasannya..

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya