SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Solopos.com, KULONPROGO — Puluhan Miniature Circuit Breaker (MCB) dan Magnetic Contactor (MC) yang terpasang di boks lampu penerangan jalan umum (LPJU) di jalanan Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, diduga hilang karena dicuri.

Kepala UPT Pengelolaan Penerangan Jalan Dinas Perhubungan Kulonprogo, Iswanta, mengatakan ada 16 boks kwh meter yang menjadi sasaran pencurian. Di dalam boks kwh meter itu ada satu hingga tiga MCB dan MC. Padahal satu MCB itu digunakan untuk mengampu beberapa lampu.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

“Boks kwh meternya kan ada 16. Nah, komponen di dlaam boks itu ada satu hingga tiga MCB dna MC. MCB pun ada yang milik PLN dan Dishub. Itu ada yang diambil semua. Padahal satu MCB digunakan untuk mengampu beberapa lampu,” jelas dia, Minggu (9/4/2023).

Dia menyebut total MCB yang hilang tersebut mencapai 50 buah dan MC yang hilang sebanyak 15 buah. Komponen LPJU yang hilang terdapat di dekat SD Kemukus, rest area Bendo atau Potronalan, depan SMPN 1 Girimulyo, Karanganyar Giripurwo, Dusun Nglengkong Giripurwo, dan Dusun Kembang.

“Selain itu ada juga di dekat perlintasan kereta api (KA) tepatnya sisi Barat arah RSUD Wates, lalu sisi di Selatan lampu lalu lintas Tambak, di Gedung Kesenian Kulonprogo, Simpang tiga Tanjungharjo dan Donomulyo, dan Sebokarang Timur teteg cekelan. Terakhir di Banjarasri ada di dua lokasi yaitu Ngaren dan tanjakan Tiban,” katanya.

Iswanta menambahkan kejadian pencurian MCB tersebut kerap terjadi menjelang Hari Raya Idulfitri. Untuk mengatasi hal tersebut, Dishub akan melakukan koordinasi lebih lanjut dengan PLN agar LPJU tersebut tetap menyala. Hal tersebut penting karena arus mudik mulai bergerak.

“Kalau terlalu lama LPJU itu padam kan masyarakat yang kerepotan. Gelap dan keselamatan pengendara juga dipertaruhkan,” ucapnya.

Dishub akan mengecek persediaan stok MCB dan MC terlebih dahulu. Apabila masih ada stok, maka Dishub akan memasanganya setelah mendapat instruksi kepala dinas.

Iswanta yang mendapat laporan tersebut kemudian melaporkannya kepada Polres Kulonprogo pada Sabtu (8/4/2023) malam.

Sementara itu, Kasi Humas Polres Kuloprogo, Iptu Triatmi Noviartuti mengatakan bahwa kerugian atas hilangnya MCB dan MC tersebut mencapai sekitar Rp9,5 juta.

“Satreskrim Polres Kulonprogo sedang menangani dan melaksanakan penyelidikan lebih lanjut untuk menemukan pelaku pencurian tersebut,” kata Noviartuti.

Atas kejadian tersebut, Noviartuti mengimbau kepada masyarakat Kulonprogo agar lebih peduli menjaga dan merawat aset milik negara yang digunakan untuk kepentingan umum.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Ini Penyebab Sebagian Jalan Umum di Kulonprogo Gelap, Peralatannya Dimaling

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya