SOLOPOS.COM - Pengunjung Pantai Samas menyaksikan Festival layangan Samas, Sabtu (20/8/2022) - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Solopos.com, BANTUL — Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Samas, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, menggelar Festival Layangan Samas 2022 yang digelar di Pantai Samas, Sabtu-Minggu (20-21/8/2022). Festival ini digelar untuk kembali mengenalkan dan membangkitkan destinasi wisata Pantai Samas.

Ketua panitia Festival Layangan Samas, Lili Wiworo, menjelaskan kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 78 tim yang berasal dari berbagai wilayah.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

“Ada yang dari Kediri, Tulungagung, Cilacap, Sragen, Magelang, Jogja juga,” ujarnya, Sabtu (20/8/2022).

Dalam festival ini, tim yang terlibat berlomba memperebutkan piala GKR Hemas. Perlombaan dibagi dalam beberapa tema, meliputi biota laut pada hari pertama, lalu tradisional, 2D bebas dan trai naga untuk penutup di hari kedua.

Baca Juga: Mulai 2023, Bus Pariwisata ke Jogja Wajib Parkir di Terminal Giwangan

Para juri memberi penilaian kepada setiap peserta berdasarkan beberapa kriteria, diantaranya kerapian, kesesuaian tema dan kestabilan terbang.

“Setiap peserta bebas menerbangkan berapa lama tidak kami batasi,” ujar dia.

Festival layangan ini baru pertama kalinya digelar di Pantai Samas. Dengan event ini, Pokdarwis Samas berharap dapat mengembalikan kejayaan Pantai Samas seperti pada era 1980-an.

“Sementara ini vakum kegiatan, hampir sama sekali ga ada namanya lagi nama Samas,” katanya.

Baca Juga: Indahnya Wisata Posong Temanggung, Cocok Buat Healing

Dia menyampaikan Festival Layangan Samas ini akan menjadi awal mula pengenalan kembali Pantai Samas kepada masyarakat dan wisatawan dari berbagai daerah yang nantinya akan disusul oleh kegiatan-kegiatan menarik lainnya.

Kabid Destinasi Dinas Pariwisata DIY, Wawan, mengatakan Festival Layangan Samas menjadi salah satu agenda pariwisata di Bantul yang akan semakin memperkenalkan destinasi wisata yang berada di Bantul khususnya Pantai Samas.

Diharapkan para pehobi layangan dapat menyalurkan hobinya sekaligus menikmati wisata di wilayah pesisir selatan Bantul ini.

“Dapat mendatangkan wisatawan salahs atunya dengan Festival Layangan Samas ini,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Warna-Warni Puluhan Layangan Warnai Langit Pantai Samas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya