SOLOPOS.COM - Ilustrasi Sultan HB X

Pungli Jogja membutuhkan kerja sama berbagai pihak untuk diberantas.

Harianjogja.com, SLEMAN — Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri sultan HB X resmi mengukuhkan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli). Dengan terbentuknya Satgas Saber pungli tersebut Sultan mengharap seluruh masyarakat untuk lebih berperan aktif melaporkan tindakan pungli di kawasan pemerintahan dan kepolisian.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

(Baca Juga : PUNGLI JOGJA : Antisipasi, Kelurahan dan Warga Buat Standar Pelayanan Publik)

Satgas Saber Pungli tersebut dibentuk sebagai salah satu langkah untuk memberantas tindakan pungli yang selama ini sangat meresahkan terutama pada aspek pelayanan pemerintahan dan kepolisian. Satgas saber pungli di bentuk juga atas perintah presiden yang tertulis dalam Perpes nomor 87 tahun 2016, tentang Satgas Saber pungli dan juga dengan SK Gubernur DIY nomor 127/tim/2016.

“Satgas Saber memiliki fungsi yang sangat penting, selama ini pungli menjadi hal yang sangat meresahkan dengan demikian harapannya adanya Satgas akan benar-benar menghilangkan pungli,” ujar Sultan, saat pengukuhan Satgas Saber pungli di Mapolda DIY, Selasa (1/11/2016).

Dikatakannya ke depan para Satgas yang sudah dikukuhkan akan diberi tugas maksimal untuk pemberantasan pungli, adapun cara yang dapat memaksimalkan fungsi tugas tersebut yakni dengan mengoptimalkan fungsi personil, satuan kerja dan sarana dan prasarana. Selain itu peran serta masyarakat juga sangat dibutuhkan dalam pemberantasan pungli.

“Masyarakat yang mengetahui segera lapor, foto dan laporkan. Supaya jangan dikira adanya Satgas ini hanya mencari-cari kesalahan atau menyelewengkan wewenang. Kalau laporan langsung dari masyarakat akan sangat membantu tugas satgas,” tegas Sultan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya