SOLOPOS.COM - Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono. (Instagram/@erinagudono)

Solopos.com, JOGJA — Putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep akan melangsungkan pernikahan dengan Erina Gudono di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, pada 10 Desember 2022. Acara pernikahan itu pun dinilai menjadi momentum untuk mengembangkan dunia pariwisata DIY, terutama sebagai wedding destination.

Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY, Bobby Ardianto, mengatakan industri pariwisata akan ikut terkena Kaesang Effect  atau dampak positif dari gelaran pernikahan putra Presiden Jokowi itu. Dengan menjadikan Sleman sebagai lokasi pernikahan, hal ini tentu dapat memperkuat Jogja sebagai kota tujuan resepsi pernikahan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kaesang effect ini harus ditangkap oleh industri pariwisata. Termasuk menangkap posisi Jogja sebagai the next wedding destination, ini momentum untuk menguatkan,” katanya di sela-sela Rakerda GIPI DIY bertajuk Road to Yogyakarta As A Responsible Tourism Destination, Senin (28/11/2022).

Bobby menilai DIY memiliki potensi besar untuk menjadi wedding destination dengan berbagai tempat fasilitas dan kearifan lokal. Sehingga masyarakat ada pilihan selain Bali sebagai tempat menyelenggarakan pernikahan.

“Brand ini yang menurut kami harus dibangun bersama-sama para industri pariwisata sejalan dengan Kaesang effect ini,” ujarnya.

Baca Juga: 2 Menteri Jadi Saksi Akad Nikah Kaesang-Erina, Salah Satunya Basuki Hadimuljono

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo sepakat bahwa Kaesang effect ini harus ditangkap bagi pelaku wisata DIY baik di sektor destinasi maupun industri.

Kalau dari sisi industri dampaknya sudah sangat jelas okupansi hotel pada Desember 2022 meningkat signifikan. Bahkan berdasarkan data PHRI, kata dia, sejumlah okupansi antara 60% hingga 80% terutama pekan saat pernikahan Kaesang.

“Kaesang effect ini luar biasa. Saya kira tidak hanya dari sisi hotel ya dampaknya tetapi juga kuliner, merchandise, ekonomi kreatif dan paket wisata maupun event yang sebelumnya sudah terjadwal kan, di area tanggal pernikahan itu,” ujar dia.

Singgih menilai DIY sangat cocok menjadi salah satu wedding destination karena memiliki banyak tempat menarik.

Baca Juga: Tanah Jalan Jogja-Gunungkidul Rawan Gerak, Kendaraan Besar Dilarang Lewat

“Seperti untuk pernikahan di outdoor, di Joglo atau ruangan, bahkan belum lama ini ada yang menggelar pernikahan di Hutan Pinus ini kreatif dan meneguhkan DIY sebagai wedding destination,” ujarnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Anak Presiden Nikah di Sleman, GIPI: Manfaatkan Kaesang Effect!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya