SOLOPOS.COM - Suasana salah satu rumah milik Bekas Kepala Bagian Umum Kanwil DJP Jakarta II Rafael Alun Trisambodo yang berlokasi di wilayah Umbulharjo Kota Jogja, Senin (27/2 - 2023). Harian Jogja/Yosef Leon

Solopos.com, JOGJA — Harta jumbo milik mantan Kepala Bagian Umum Kanwil DJP Jakarta II Rafael Alun Trisambodo kini menjadi sorotan publik. Satu per satu harta kekayaan Rafael Alun berupa aset mulai terkuak.

Terlebih saat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan harta kekayaan Rafael Alun tidak sesuai dengan profilnya sebagai pejabat eselon III.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Rafel Alun terungkap memiliki sebuah rumah mewah di Jalan Ganesha II Nomor 12 RT 050/RW 005, Kelurahan Muja Muju, Kemantren Umbulharjo, Kota Jogja.

Seperti diketahui, Rafael Alun Trisambodo merupakan ayah dari Mario Dandy Satriyo, tersangka penganiayaan anak pengurus GP Ansor, David.

Tokoh masyarakat di Kelurahan Muja Muju, Sugiharto, mengatakan Rafael Alun membeli tanah kosong di Jalan Ganesha II pada 2015 silam. Saat itu harga tanah yang memiliki luas 2.000 meter persegi itu mencapai Rp1,5 miliar.

Tanah kosong tersebut kemudian dibangun rumah pada tiga tahun terakhir.

Dia menyampaikan rumah Rafael Alun tersebut memang jarang ditempati. Ia mengingat keluarga mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak itu hanya mampir ke rumah sesekali dalam satu tahun. Itu pun saat perayaan hari besar keagamaan atau acara penting yang kebetulan berlokasi di Jogja.

Sehari-hari rumah mewah tersebut ditinggali oleh asisten rumah tangga sebanyak dua sampai tiga orang.

“Sebenarny tercatat warga baru, tapi kan kediaman aslinya di Jakarta. Dulu cuma sempat sowan saja ke saya pas mau membangun rumah,” kata dia saat ditemui, Senin (27/2/2023).

Rumah tersebut memang tampak mencolok dibandingkan dengan rumah warga lainnya. Dari segi ukuran pun berbeda, terlihat lebih besar dan megah dibandingkan rumah-rumah lain di sekitarnya.

Pagar rumah tersebut tertutup rapat setinggi kurang lebih tiga meter dengan nuansa batu alam berwarna gelap dihiasi tumbuh-tumbuhan menjalar.

“Rata-rata di sini rumahnya ya paling 300-400 meter persegi, rumah dia jadi salah satu rumah yang memang cukup besar di kompleks sini,” ungkap Sugiharto.

Dia juga mengaku jarang bertemu dan berkomunikasi dengan keluarga tersebut.

Sugiharto mengaku pernah masuk ke rumah mewah milik Rafael Alun tersebut. Selain rumahnya yang mewah, di dalam rumah tersebut juga ada deretan mobil mewah.

“Tapi kalau uang keamanan dan ketertiban di kampung sini ya bayar terus. Saya cuma pernah masuk satu kali ke dalam, banyak mobil mewah dan nuansa rumahnya memang terkesan eksklusif,” ucap dia.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Bak Istana! Begini Penampakan Rumah Rafael Alun Orangtua Mario Dandy di Timoho Jogja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya