SOLOPOS.COM - Ilustrasi beras Bulog. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Foto Ilustrasi Beras Bulog
JIBI/Harian Jogja/Antara

Harianjogja.com, JOGJA-Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Daerah Istimewa Yogyakarta siap melaksanakan operasi pasar murni beras untuk menjaga ketahanan komoditas tersebut selama Ramadan.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Kepala Badan Urusan Logistik Divisi Regional (Divre) DIY, Darsono Imam Yuwono, Sabtu (13/7/2013) mengatakan telah menyiapkan 63 ton beras dari persediaan yang tersisa sekitar 23.000 ton yang mencukupi untuk kebutuhan beras selama enam bulan ke depan.

Namun demikian, menurut dia pelaksanaan operasi pasar tergantung adanya permintaan dari kabupaten atau kota.

“Kapanpun dibutuhkan kami siap melaksanakan operasi pasar untuk menjaga harga beras. Saat ini tinggal meunggu permintaan dari Disperindagkop [Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi],” katanya.

Menurut dia, harga jual beras dalam operasi pasar tahun ini Rp6.800 per kilogram (kg). Hal itu, menurut dia, disesuaikan dengan daya beli masyarakat setempat saat ini.

“Harga itu akan tetap Rp6.800 per kg, itu pun apabila nanti ada subsidi dari pemerintah daerah,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan dalam Negeri Disperindagkop DIY, Eko Witoyo mengatakan akan siap menggandeng Bulog Divre DIY dalam melakukan operasi pasar.

“Kami akan menggelar operasi pasar murni beras, untuk menjaga harga beras di tengah masyarakat selama Ramadhan, namun tetap harus menunggu permintaan dari kabupaten atau kota. Saat ini belum ada permintaan,”katanya.

Pihak Disperindagkop DIY juga akan memberikan subsidi khususnya untuk pendistribusian beras dari Bulog.

“Kami tentu akan memberikan subsidi namun sebatas untuk proses pengeceran beras dari karung, sehingga harga beras yang dibeli masyarakat akan tetap RP6.800 per kg,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya