SOLOPOS.COM - Pasar takjil Ramadan digelar perdana di Alun-Alun Wates, Senin (6/6/2016). (Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja)

Ramadan 2016 di Kulonprogo dimeriahkan dengan Pasar Takjil Ramadan

Harianjogja.com, KULONPROGO-Pemkab Kulonprogo menggelar pasar takjil Ramadhan untuk pertama kalinya di Alun-Alun Wates, Senin (6/6/2016). Pasar Ramadan ini diikuti oleh 62 pedagang olahan makanan dan minuman dari berbagai penjuru Kulonprogo.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Pasar takjil Ramadhan ini digelar dengan kerjasama dari Dinas Perindustriaan Perdagangan ESDM Kulonprogo, Dinas Kebudayaan Kulonprogo dan sejumlah badan terkait. Niken Probo Laras, Kepala Disperindag menjelaskan bahwa pasar ini baru pertama kali digelar di Alun-Alun Wates. “Kerjasama Pemkab yang baru pertama kali di alun-alun,” jelasnya saat ditemui di lokasi pasar, Senin (6/6/2016).

Pada pelaksanaannya, pedagang diminta menghadirkan olahan makanan dan minuman unggulan khas Kulonprogo. Sejumlah pedagang yang terbagi dalam kios-kios di bawah tenda berwarna biru tersebut menjual aneka makanan tradisional antara lain growol, grontol dan geblek khas Kulonprogo.

Selain itu, adapula yang menjajakan pudding bertuliskan Kulonprogo dan beragam jenis lauk pauk matang. Pedagang yang menjajakan makanan dan minuman pun datang dari berbagai kecamatan di Kulonprogo.

Niken mengatakan bahwa pelaksanaan pasar Ramdhan ini sebagai rintisan untuk menjadi ikon wisata Kulonprogo, khususnya Wates setiap tahun-tahun mendatang. Pemkab Kulonprogo juga berencana menghidupakn Alun-Alun Wates sebagai lokasi ngabuburit bagi masyarakat sekitar. Selain itu, diharapkan kegiatan ini bisa membantu memutar roda perekonomian masyarakat pelaku usaha olahan makanan.

Pasar yang terletak tepat di depan rumah dinas bupati ini dibuka mulai pukul 14.00WIB setiap harinya.  Pemkab Kulonprogo menargetkan para Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk menjadi pengunjung pasar ini karena lokasinya yang berada dekat dengan kompleks pemeritahan.

Selain itu, masyarakat luas juga tertarik untuk datang karena didukung oleh sarana dan prasarana yang tersedia di Alun-Alun Wates. Promosi atas pasar ini juga telah dilakukan melalui leaflet yang disebar ke berbagai lokasi dan siaran radio.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya