SOLOPOS.COM - Radar cuaca di Pos Klimatologi Jalan Kabupaten KM. 5,5 Duwet, Sedangadi, Mlati, Sleman, Senin (21/9). Radar ini akan segera dioperasikan untuk mendeteksi cuaca di seluruh DIY. (JIBI/Harian Jogja/Sunartono)

Ramalan cuaca di DIY dapat diamati dengan bantuan radar cuaca.

Harianjogja.com, SLEMAN – Masyarakat DIY bakal dimudahkan untuk mendapatkan info terkini terkait prakiraan cuaca. Radar cuaca telah dibangun di Jalan Kabupaten KM. 5,5 Duwet, Sedangadi, Mlati, Sleman. Dari sinilah cuaca seluruh DIY dapat terdeteksi secara akurat.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

Peralatan radar cuaca disimpan pada sebuah bangunan dengan konstruksi segi delapan. Bangunan tersebut tampak memiliki tiga lantai dengan paling atas terdapat simbol berukuran besar menyerupai bola dunia. Bangunan itu berada di sisi selatan dalam satu area perkantoran Pos Klimatologi juga baru dibangun yang kini masih menginduk di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jogja.

Kepala BMKG Jogja Tony Agus Wijaya menjelaskan, pembangunan fisik radar cuaca telah selesai berikut area perkantoran pos klimatologi. Sejumlah personel juga mulai disiapkan di pos tersebut untuk keberlangsungan beroperasinya radar cuaca. Pembangunan radar itu dilakukan langsung oleh pemerintah pusat bersama dengan sejumlah daerah lain di Indonesia, sehingga ia tidak mengetahui secara pasti jumlah anggarannya.

“Pelaksanaan pembangunan dan anggaran sepenuhnya dari pusat. Kami di daerah hanya memanfaatkannya untuk mengamati cuaca lebih baik,” ungkapnya kepada Harianjogja.com, Senin (21/9/2015).

Proses pembangunan radar cuaca pekan ini memasuki tahap pengujian setelah seluruh peralatan baik hardware maupun software telah tersedia. Jika tidak ada kendala maka pada bulan Oktober 2015 bisa dioperasikan dan pada Nopember akan diresmikan.

“Saat ini sedang uji coba peralatan. Rencana bulan November akan diresmikan,” ujarnya.

Mantan Kasi Data dan Informasi BMKG Jogja ini menambahkan radar cuaca itu mampu menjangkau area hingga 100 kilometer dari titik lokasi penempatan radar di Duwet, Sendangadi, Mlati, Sleman. Keberadaanya diharapkan dapat memberikan informasi secara update dan akurat tentang cuaca di wilayah DIY sehingga bisa disebarkan ke masyarakat. Mengingat sebelumnya, radar terdekat dari wilayah DIY hanya ada di Semarang, Jawa Tengah. Itu pun tidak bisa mendapatkan hasil data yang akurat karena kondisinya jauh dan terhalang Gunung Merapi.

Secara umum sistem kerja radar cuaca melalui pelepasan gelombang radio. Sistemnya dapat mendeteksi kumpulan awan maupun konsentrasi air pada titik-titik wilayah tertentu. Keberadaan awan maupun air tersebut bisa diolah untuk kemudian menjadi hasil prakiraan cuaca untuk dijadikan sebagai referensi dalam melakukan antisipasi. Radar cuaca juga sangat dibutuhkan untuk penerbangan serta mitigasi bencana.

“Kalau misalnya kondisi cuaca ekstrim bisa didapatkan data secara detail sebagai bahan antisipasi,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya