SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok. SOLOPOS)

Rasta Jogja dimulai dengan distribusi KKS.

Harianjogja.com, JOGJA — Kepala Dinas Sosial Kota Jogja, Hadi Muhtar memastikan bantuan beras untuk keluarga sejahtera (Rastra)-istilah lain Raskin-mulai dicairkan pada awal Februari nanti, karena akhir Januari baru proses pendistribusian kartu keluarga sejahtera (KKS) sebagai syarat mengakses rastra.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Saya sudah mendapat surat dari Kementrian Sosial bahwa KKS selambat-lambatnya sudah direalisasikan akhir Januari, maka awal Februari sudah bisa dimanfaatkan” kata Hadi, di Komplek Balai Kota Jogja, Jumat (13/1/2017).

Hadi mengatakan saat ini KKS masih dalam proses pencetakan oleh pemerintah pusat yang bekerjasama dengan salah satu bank milik negara karena fungsi KKS nantinya semacam kartu anjungan tunai mandiri (ATM). Total ada 16.031 kepala keluarga (KK) penerima rastra.

Jumlah itu diakui Hadi sama dengan penerima Rastra tahun lalu. Hanya, kali ini pemegang KKS mendapat bantuan dalam bentuk uang Rp110.000 setiap bulan. Uang tersebut bisa digunakan untuk membeli beras dan lauk pauk di warung khusus yang sudah disediakan pemerintah, yakni e-warung atau warung gotong royong yang dikelola koperasi usaha bersama yang dikelola oleh pemegang KKS juga.

Hadi mengaku sudah menyiapkan satu e-warung di tiap kecamatan, khusus untuk kecamatan Umbulharjo ada 2 e-warung karena jumlah pemegang KKSnya banyak. Total ada 15 e-warung yang sudah mendapat bantuan Rp30 juta tiap e-warung dari Kementrian Sosial.

Pemegang KKS tinggal datang ke e-warung kemudian menggesekkan kartunya ke mesin electronik data capture (EDC). Maka, akan muncul nominal uang yang tertera dalam KKS.

“Uang yang ada tidak akan hangus walau pun tidak dibelanjakan melainkan akan terakumulasi dengan bulan berikutnya. Pemegang KKS bebas membelanjakan kapan saja di e-warung,” ujar Hadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya