SOLOPOS.COM - Ilustrasi pendaftaraan peserta didik baru atau PPDB. (freepik)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Ratusan sekolah dasar negeri di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, kekurangan murid dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2023. Hanya 22 sekolah yang memenuhi kapasitas rombongan belajar.

Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Gunungkidul, Hary Sualsana, mengatakan hasil penerimaan PPDB tingkat SDN sudah diumumkan pada Jumat (16/6/2023). Ada sebanyak 468 SD yang mengikuti PPDB tahun ajaran 2023. Pendaftaran PPDB telah dimulai pada 12-14 Juni.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

“Besok mulai daftar ulang siswa yang diterima di sekolah tujuan,” kata Hary, Minggu (18/6/2023).

Dia menjelaskan, berdasarkan pemantauan hasil PPDB banyak sekolah yang kekurangan murid. Sesuai dengan peraturan, setiap rombongan belajar harus diisi paling sedikit 28 anak.

Meski demikian, sambung Hary, tidak semua sekolah dapat memenuhi kuota rombongan belajar. Pasalnya, dari 468 SD, yang mampu memenuhi kapasitas rombongan belajar hanya 22 sekolah.

“Sisanya sebanyak 446 sekolah tidak terpenuhi kuotanya. Untuk kekurangan bervariasi dan yang jelas kurang dari 28 anak yang diterima,” ungkapnya.

Dia memastikan, SD yang jumlah kuotanya belum terpenuhi, masih diperbolehkan menerima siswa baru. Adapun teknisnya, calon siswa langsung mendatangi sekolah yang dituju.

“Jadi sistemnya tidak online lagi, tapi harus datang ke sekolah yang dituju,” katanya.

Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SD Bidang SD Disdik Gunungkidul, Asbani, menambahkan jumlah SD yang kekurangan murid sudah diprediksi sejak awal. Hal ini terlihat dari jumlah kursi yang tersedia lebih banyak dibandingkan dengan calon murid.

Sebagai gambaran, sambung dia, daya tampung untuk siswa SD di Gunungkidul sebanyak 14.028 bangku. Sedankan jumlah lulusan TK yang akan masuk ke SD hanya di kisaran 8.000-9.000 anak.

“Jadi kursinya lebih banyak sehingga ada sekolah yang tidak bisa memenuhi kuota yang dimiliki,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Hasil PPDB SD di Gunungkidul Diumumkan, Mayoritas Sekolah Kekurangan Murid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya