SOLOPOS.COM - Tim medis dari Rumah Sakit Bhayangkara Polda DIY saat mendata gigi anggota Ditlantas Polda DIY. Dalam proses pendataan tersebut, tim medis juga mengetes urin secara mendadak untuk memastikan bebas narkoba. (Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja)

Razia Jogja juga dilakukan di lingkungan Ditlantas Polda DIY

Harianjogja.com, JOGJA — Sebanyak 145 anggota Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda DIY dites urin secara mendadak di aula kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Kota Jogja, Selasa (21/3/2017) pagi. Tes urin dilakukan untuk memastikan anggota polisi lalu lintas bebas dari narkoba.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Tes urin ini dilakukan oleh tim medis dari Rumah Sakit Bhayangkara Polda DIY.

“Dari 145 anggota yang dites urin hasilnya negatif semua,” kata Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Polda DIY, Theresia Lindawati, Selasa (21/3/2017).

Theresia mengatakan tes urin mendadak itu dilakukan atas inisiatif dari rumah sakit untuk mendukung program Kepala Kepolisian RI agar semua anggota Polri bebas dari narkoba. Ke-145 anggota yang dites urin memang yang kebetulan bertugas pada hari kemarin di Ditlantas Polda DIY.

Selain tes urin, tim medis Bhayangkara juga memeriksa gigi semua anggota polisi lalu lintas yang bertugas di SAMSAT. Pemeriksaan gigi dilakukan untuk melengkapi data pribadi anggota polisi untuk memudahkan Rumah Sakit Bhayangkara dalam mengidentifikasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan dalam bertugas. Data gigi itu akan mempercepat proses identifikasi.

Kepala Urusan Kedokteran Kepolisian Rumah Sakit Bhayangkara, Suboko mengatakan proses pemeriksaan kesehatan juga dilakukan dengan ketat, bahkan diawasi oleh provos Polda DIY. Bahkan provos harus mengikuti anggota sampai kamar kecil untuk menghindari tercampurnya air seni yang dites dengan air biasa sebagai upaya mengaburkan zat adiktif dari narkoba.

“Tes urin ini sempat mengagetkan para anggota juga karena mendadak,” kata Suboko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya