SOLOPOS.COM - Tim gabungan saat melakukan pemeriksaan terhadap rombongan pemotor yang akan masuk ke kawasan pantai melalui TPR JJLS di Kalurahan Kemadang, Tanjungsari, Minggu (11/6/2023). - Istimewa

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Rombongan puluhan sepeda motor asal Kulonprogo yang melakukan konvoi dirazia petugas saat di Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) di Kalurahan Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (11/6/2023) sekitar pukul 12.00 WIB.

Hasil dari razia itu, petugas gabungan menemukan belasan botol minuman keras dan dua gergaji yang disimpan di jok sepeda motor mereka.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Kapolsek Tanjungsari, AKP Wawan Anggoro, mengatakan razia ini digelar berdasarkan informasi masyarakat yang mengetahui adanya konvoi puluhan kendaraan bermotor. Laporan ini ditindaklanjuti dengan menggelar razia yang melibatkan personel dari Polres Gunungkidul dan anggota TNI.

“Begitu mau masuk TPR langsung kami razia,” kata Wawan.

Saat operasi, polisi mengamankan delapan pengendara yang berstatus pelajar SMK dan SMA asal Kulonprogo karena membawa 11 botol ciu dan 1,5 liter minuman keras jenis gedang klutuk. Selain itu, ada seorang pelajar yang membawa dua gergaji yang disimpan dalam jok motor.

Meski demikian, dari hasil temuan ini tidak ada yang ditahan. Wawan menuturkan, kesembilan pelajar hanya diberikan sanksi pembinaan. Adapun untuk pengawasan juga meminta bantuan dari Guru Bimbingan Konseling di sekolah masing-masing.

“Jadi meski diperbolehkan melanjutkan wisata dan diperbolehkan pulang, tapi ada upaya pengawasan dari pihak sekolah,” katanya.

Disinggung mengenai dua bilah gergaji, Wawan mengakui sudah melakukan klarifikasi kepada orang tua yang membawa. Adapun hasilnya, alat tersebut dipergunakan kegiatan di sekolah pada Sabtu (10/6/2023).

“Jadi lupa diambil hingga terbawa ke pantai. Selain itu, juga ada bukti video yang merekam aktivitas kegiatan sekolah yang menggunakan gergaji tersebut,” ungakpnya.

Wawan memastikan razia akan digelar secara rutin guna memastikan situasi dan kondisi tetap terkendali.

“Tujuannya memastikan keamanan dan ketertiban di masyarakat tetap terjaga,” katanya.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Edy Bagus Sumantri sudah menginstruksikan agar setiap wilayah meningkatkan patroli kamtibmas. Giat rutin dilakukan sebagai upaya mengurangi risiko yang dapat mengganggu ketertiban dan keamanan serta meminimalisir terjadinya kejahatan jalan.

“Patroli kambtibmas terus dilakukan untuk mematikan situasi dan kondisi tetap terjaga,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Razia Motor di JJLS Gunungkidul, Polisi Temukan Remaja Bawa Gergaji dan Arak Pisang Klutuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya