SOLOPOS.COM - Sindu Kusuma Waterpark. (https://skedupark.id/)

Solopos.com, JOGJA — Daerah Istimewa Yogyakarta mempunyai banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata di Jogja tidak hanya untuk kelompok usia dewasa saja, tetapi untuk kelompok usia anak juga banyak tersedia.

Salah satu destinasi wisata andalan di Jogja salah satunya kawasan Malioboro. Tempat wisata ini masih menjadi daya pikat bagi wisatawan luar daerah. Padahal, selain Malioboro, masih banyak tempat wisata lain yang cocok untuk dikunjungi.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Berikut ini tempat wisata anak di Jogja yang direkomendasikan:

  1. Taman Pintar

Tempat wisata anak di Jogja yang pertama Taman Pintar. Tempat wisata ini menjadi salah satu objek wisata yang cukup populer. Biasanya menjadi tempat wisata bagi anak-anak sekolah dan keluarga. Lokasi Taman Pintar ini sangat strategis dan mudah dijangkau, yakni di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Kota Jogja, atau dekat dari Titik 0 KM Jogja.

Taman Pintar menyajikan beragam wahana edukasi yang menarik bagi anak. Beragam wahana yang ada di tempat ini, seperti zona pengolahan sampah, wahana bahari, science theater, kampung kerajinan, planetarium, gedung oval, gedung kotak, dan lainnya.

tempat wisata anak di jogja
Taman Pintar Jogja. (tamanpintar.co.id)

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.30 WIB hingga 16.00 WIB. Untuk tiket masuk setiap wahana berbeda-beda, mulai dari Rp3.000 hingga Rp45.000.

  1. Gembira Loka Zoo

Tempat wisata untuk anak di Jogja selanjutnya adalah Kebun Binatang Gembira Loka atau Gembira Loka Zoo. Dikutip dari gembiralokazoo.com, kebun binatang ini berdiri atas keinginan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII pada 1933 yang kemudian dinamakan Kebun Rojo. Ide tersebut baru direalisasikan oleh Sri rultan Hamengku Buwono IX dengan bantuan Ir. Karsten dan memilih lokasi di sebelah barat Sungai Winongo, karena dinilai paling ideal untuk pembangunan Kebun Rojo.

Pada tahun 1953, baru berdiri Yayasan Gembira Loka Yogyakarta yang diketuai Sri Paduka KGPAA Paku Alam VII, maka pembangunan Kebun Rojo yang tertunda baru benar-benar dapat direalisasikan.

tempat wisata anak di jogja
Gembira Loka Zoo Jogja. (gembiralokazoo.com)

Kemudian pada 1959, KGPAA Paku Alam VIII menunjuk Tirtowinoto untuk melanjutkan pembangunan Gembira Loka. Dipilihnya Tirtowinoto ini karena yang bersangkutan dinilai memiliki kecintaan terhadap alam dan tekad untuk membangun Gembira Loka. Terbukti pada 1978, Gembira Loka semakin maju dan berkembang. Koleksi satawa juga semakin lengkap, sehingga pengunjung semakin banyak.

Ada banyak sekali satwa yang menjadi koleksi kebun binatang ini, pengelola mengelompokkan satwa dalam beberapa zona, seperti zona mamalia, zona burung, zona cakar, zona primata, dan zona reptil.

Lokasi tempat wisata ini cukup strategis, di Jalan Kebun Raya No. 2 Kota Gede, Kota Jogja. Jam buka Gembira Loka Zoo, pada Senin-Jumat mulai pukul 08.30 WIB-16.00 WIB dan Sabtu-Minggu/libur nasional pukul 08.00 WIB-16.00 WIB.

  1. The Lost World Castle Jogja

Tempat wisata anak selanjutnya The Lost World Castle Jogja. Tempat wisata ini berada di Jl. Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Tempat ini menawarkan berbagai wahan seru dengan pemandangan Gunung Merapi yang indah. Tempat ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga dan teman-teman.

Tempat wisata ini buka mulai pukul 07.00 WIB -18.00 WIB. Untuk harga tiket masuk wahana mulai dari Rp30.000.

The Lost World Castle ini memiliki arsitektur unit yang bentuknya menyerupai benteng. Beberapa wahana yang ada di tempat wisata ini, ada gledekan, tembok China The Lost World Castle, Spot Landmark dunia, spot Foto 3D, Kapal Black Pearl, dan wahana lainnya.

  1. Museum Dirgantara Mandala

Tempat wisata anak di Jogja selanjuntnya adalah Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala. Museum ini digagal oleh TNI AU untuk mengabadikan peristiwa bersejarah dalam lingkungan TNI AU. Lokasi tempat wisata ini berada di kompleks Pangkalan Udara Adi Sutjipto, Yogyakarta. Tempat ini buka sepanjang hari mulai pukul 08.30 WIB-15.00 WIB.

Koleksi yang ada di museum ini ada sejumlah foto tokoh-tokoh sejarah serta diorama peristiwa sejarah Angkatan Udara Indonesia. Sejumlah pesawat tempur dan replikanya juga menjadi koleksi di museum ini, seperti Pesawat Ki-43 buatan Jepang, pesawat PBY-5A (Catalina), replika pesawat WEL-I RI-X, pesawat A6M5 Zero Sen buatan Jepang, Helikopter Hillier 360 buatan AS, dan lainnya.

  1. Sindu Kusuma Waterpark

Tempat wisata anak di Jogja selanjutnya adalah Sindu Kusuma Waterpark. Tempat wisata ini memiliki tiga area wahana, yaitu kolam arus, giant slider, dan family pool. Sindu Kusuma ini berlokasi di Jl. Magelang Km 3, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman.

Objek wisata ini buka Selasa-Jumat mulai pukul 09.00 WIB-17.00 WIB dan Sabtu, Minggu, libur nasional mulai pukul 08.00 WIB-17.00 WIB. Sedangkan hari Senin, tempat wisata ini tutup. Fasilitas umum yang tersedia, seperti gazebo, loket penitipan barang, foodcourt, karaoke family room, restoran, dan lainnya.

tempat wisata anak di jogja
Sindu Kusuma Waterpark. (https://skedupark.id/)

Selain kolam renang, tempat wisata ini juga menyediakan beragam wahan, seperti kora-kora, terapi ikan, kopi puter, kursi mabur, roti puter, dan lainnya. Tarif tiket masuk Sindu Kusuma Waterpark ini mulai dari Rp30.000 hingga Rp50.000. Sedangkan untuk tiket terusan di tempat wisata ini Rp80.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya