SOLOPOS.COM - Sejumlah warga terdampak emngikuti sosialisasi tol Jogja-YIA, di Kalurahan Balecatur, Senin (12/12/2022) - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Solopos.com, SLEMAN — Masyarakat yang terdampak pembangunan jalan tol Jogja-Yogyakarta International Airport (YIA) mengikuti sosialisasi pembebasan lahan tol di Kalurahan Balecatur, Kapanewon Gamping, Kabupaten Sleman, Senin (12/12/2022). Rencananya di Kalurahan Balecatur ini akan dibangun rest area di luar pintu keluar tol.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembebasan Lahan tol Jogja-Solo, Dian Ardiyansyah, mengatakan di Kalurahan Balecatur kurang lebih ada 364 bidang yang akan terdampak dengan total luasan sekitar 309.000 meter persegi.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

“Jumlah ini masih tentatif karena memang ada kemungkinan besar selama dua atau tiga tahun ini ada perpindahan atau peralihan hak. Ada juga pemecahan sehingga jumlah bidang bisa jadi lebih banyak daripada yang ada sekarang,” kata dia.

Setelah sosialisasi ini, tahap selanjutnya adalah pendataan dan konsultasi publik. Sebelum nantinya diterbitkan Izin Penetapan Lokasi (IPL). Dia menargetkan IPL untuk wilayah Balecatur dan sekitarnya bisa diterbitkan pada Maret 2023.

Di Balecatur, selain dibangun jalur tol, juga akan didirikan rest area di luar pintu keluar tol. Rest area ini merupakan program dari Pemda DIY untuk memberikan dampak ekonomi yang positif bagi masyarakat di sekitar pintu keluar tol terutama pelaku UMKM.

Baca Juga: Geger! Warga Gunungkidul Mengaku Lihat Seekor Macan di Ladangnya

Rest area menuju pintu masuk tol. Di luar tol. Itu memang istimewanya,” katanya.

Tol Jogja-YIA yang merupakan seksi 3 dari Tol Jogja-Solo ini merupakan prioritas kedua setelah seksi 1 Tol Jogja-Solo, sebagai infrastruktur pendukung akses menuju YIA. Selain itu, diharapkan daerah yang dilintasi terutama di sekitar pintu keluar tol juga semakin maju ekonominya.

“Perjalanan menuju bandara sekarang sekitar 1,5 sampai 2 jam. Maka diperlukan satu infrastruktur pendukung untuk mempercepat perjalanan menuju bandara dan hal-hal yang sifatnya ekonomis, kemajuan daerah-daerah yang dilewati tol tersebut,” ujarnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Rest Area Luar Exit Toll Jogja YIA Bakal Dibangun di Balecatur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya