SOLOPOS.COM - Petugas Satpol PP DIY menutup paksa pembangunan perumahan di atas tanah kas desa yang tidak berizin di Maguwoharjo, Depok, Sleman. - Istimewa.

Solopos.com, JOGJA — Dua titik lokasi tanah kas desa (TKD) di Maguwoharjo, Depok, Kabupaten Sleman, akan ditutup oleh petugas Satuan Polisi Pamong Praja Daerah Istimewa Yogyakarta. Dua lokasi tersebut selama ini dimanfaatkan untuk restoran hingga agrowisata.

Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmad, mengatakan pihaknya akan menutup dua lokasi yang memanfaatkan tanah kas desa tanpa izin di Maguwoharjo, Depok.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

“Dua lagi akan kami segel pekan ini di Maguwoharjo,” kata dia di Kompleks Kepatihan, Senin (22/5/2023).

Dia menyampaikan dua lokasi tersebut selama ini dimanfaatkan untuk restoran sekaligus tempat futsal. Bahkan ada lahan yang dimanfaatkan sebagai agrowisata.

Selama ini, lanjut Noviar, pihaknya menerima banyak laporan dari masyarakat terkait pemanfaatan TKD tanpa izin yang digunakan sebagai perumahan.

“Itu perumahan, belum yang kafe. Itu tanpa izin. Kan enggak boleh ada perumahan di atas TKD,” jelasnya.

Dari laporan tersebut, Noviar menyebut terbanyak ada di Maguwoharjo. Di kalurahan tersebut ada 90 pengaduan pemanfaatan TKD ilegal. Namun, sebagian besar pemanfaatan lahan kecil-kecil, seperti 300 meter persegi, 500 meter persegi, hingga 1.000 meter persegi.

Selain itu ada pula pengaduan yang diterimanya terkait penyalahgunaan TKD di Minomartani, Wedomartani, Condongcatur, Caturtunggal, dan Sardonoharjo. “Itu masih kita proses semuanya,” katanya.

Noviar menyampaikan banyaknya penyalahgunaan TKD menunjukkan bahwa lurah tidak menjalankan tugasnya untuk mengawasi pemanfaatan tanah tersebut.

“Ya kalau selama ini berarti lurah tidak melaksanakan tugasnya. Kan dia yang dipasrahkan anggaduh dari kasultanan untuk mengawasi, kan itu tidak diawasi,” ucapnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Satpol PP Akan Tutup Restoran dan Agrowisata di Lahan Tanah Kas Desa, Ini Lokasinya..

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya