SOLOPOS.COM - ilustrasi (jurnalisitulis.blogspot.com)

ilustrasi (jurnalisitulis.blogspot.com)

JOGJA—Menjelang batas akhir pendaftaran program retrieval (kembali ke sekolah) Oktober mendatang, hingga Rabu (29/8)  Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY belum memiliki data terkait berapa banyak peserta baru pada program tersebut.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Umumnya sekolah belum berani mengajukan data menyusul belum adanya surat edaran dari dinas.

“Kami masih menunggu surat dari dinas. Memang kami ada dua yang akan kami ajukan, tapi kami kan ngak bisa mendahului dinas,” kata Wakil Kepala bidang Kurikulum SMA 2 Piri Jogja, Gampang Nur Cahyo kepada Harian Jogja.

Menanggapi persoalan tersebut, staf bidang SMA Disdikpora DIY, Tartini mengatakan sampai saat ini pihaknya memang belum menerima pengajuan data terbaru mengenai berapa siswa yang diajukan pada program tersebut. Rencananya, dinas baru akan melakukan pendataan ulang, September mendatang.

“Sekolah mulai efektif setelah 14 Agustus. Jadi kami akan lakukan pendataan pada September mendatang,” urai dia.

Menurut Tartini saat ini terdapat sebanyak 322 siswa kelas X dan XI di 110 sekolah se DIY tercatat mengikuti program retrieval pada periode Juni hingga Desember 2012.

Jumlah itu, lebih sedikit dibandingkan periode sebelumnya yakni 522 siswa. Rencananya, dari jumlah tersebut, dinas hanya akan melakukan penambahan kuota sebanyak 100 siswa hingga tahun ajaran kali ini berakhir.

“Kami hanya memberikan kuota sebanyak 100 untuk pengajuan kali ini. Hal ini didasarkan pada banyaknya siswa dan juga kemampuan anggaran kami yang terbatas,” terang dia.

Sementara untuk bisa terdaftar sebagai peserta retrieval dan mendapatkan pembiayaan dari APBD DIY sebesar Rp200.000 per bulan, Tartini peserta harus mampu memenuhi beberapa persyaratan.  Adapun persyaratan itu adalah memiliki fotokopi ijazah, surat keterangan tidak mampu dan kartu penduduk DIY. “Tanpa itu jelas tidak akan dilayani,” tandas dia.

PESERTA PROGRAM RETRIEVAL 2011/2012

Kota/Kabupaten      Jumlah (siswa)

Kota Jogja                37

Sleman                      76

Gunungkidul           224

Kulonprogo               83

Bantul                     118

Sumber: Disdikpora DIY

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya