SOLOPOS.COM - Kondisi Pasar Semin setelah dilakukan penataan pada tahun lalu. Foto diambil Senin (11/1/2016). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Revitalisasi pasar tradisional di Gunungkidul yakni Pasar Semin yang terbakar telah selesai, pedagang ingin segera menempati pasar yang baru

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Sejumlah pedagang di Pasar Semin Gunungkidul berharap agar kios baru bisa ditempati. Selain lokasi tempat berjualan darurat kurang strategis, permintaan pemindahan tidak lepas karena proses pembangunan telah selesai sejak akhir tahun lalu.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Permintaan untuk segera menempati kios baru salah satunya diutarakan oleh Suparni,62, salah seorang pedagang yang ada di Pasar Semin. Menurut dia, permintaan tersebut merupakan hal yang wajar karena proses pembangunan juga sudah selesai.

“Pengennya cepat pindah, karena lokasi yang saya gunakan saat ini kurang strategis sehingga berpengaruh terhadap pengasilan saya,” kata Suparni saat ditemui di kios daruratnya yang terletak di Balai Dusun Semin, Senin (11/1/2016).

Dia pun meminta proses pemindahan dari lokasi darurat ke kios yang permanen bisa segera dilakukan. Pasalnya tidak ada alasan lagi untuk menunda-nunda proses perpindahan, terlebih lagi untuk penempatan juga tidak masalah, karena lokasi yang ditempati disesuaikan dengan nama pemilik saat sebelum proses pembangunan dilakukan.

“Kami punya bukti sertifikat kepemilikan kios. Jadi tidak mungkin ada pengocokan ulang untuk penempatan kios-kios itu,” ungkap Ibu asal Dusun Keringan, Desa Bulurejo ini.

Pernyataan senada juga diungkapkan Yadi, pedagang Pasar Semin lainnya. Menurut dia, pasca-kebakaran hebat di akhir 2013 lalu, kondisi perekonomian di pasar sudah berjalan lancar. Hanya saja, dikarenakan adanya proses penataan ulang di tahun lalu, sejumlah pedagang terpaksa pindah ke lokasi darurat demi kelancaran pembangunan.

“Kalau disuruh memilih, tentunya kami ingin kembali ke lokasi yang biasa kami tempati. Apalagi pembangunan pasar juga sudah selesai,” kata Yadi, kemarin.

Sementara itu, Kepala Kantor Pengelolaan Pasar Gunungkidul Widagdo berjanji akan segera mengurus proses pemindahan pedagang di pasar darurat ke lokasi yang baru. Hanya, ia meminta para pedagang untuk bersabar sebentar, karena saat ini baru proses pencocokan data pedagang yang akan menempati kios tersebut.

“Semua sudah beres. Pembangunan sudah selesai dan proses serah terima bangunan juga sudah dilakukan oleh rekanan. Mudah-mudahan di akhir bulan ini, pedangang bisa menempati kios-kios itu,” kata Widagdo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya