SOLOPOS.COM - JIBI/Harian Jogja/Kurniyanto Ketoprak Tobong Kelana Bhakti Budaya

JIBI/Harian Jogja/Kurniyanto
Ketoprak Tobong Kelana Bhakti Budaya

Harianjogja,com, SLEMAN – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo berharap ketoprak Kelana Bhakti Budaya yang merupakan seni warisan budaya Jawa bisa terus eksis dan digemari kawula muda.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Namun demikian, kata dia perlu inovasi untuk mengikuti perkembangan zaman.

“Harus ada take and give bisa dengan memasukkan sentuhan teknologi dalam pertunjukkan. Atau jika tidak bisa melakukan cerita, teknik panggung dibuat dengan sudut berbeda,” kata Roy Suryo, di sela menyaksikan kelompok ketoprak tobong Kelana Bhakti Budaya, Dusun Bulon Bayen, Purwomartani, Kalasan, Minggu (5/8/2013) malam.

Menurutnya, seiring teknologi yang terus berkembang, seni pun harus terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Karena, jika hanya menyuguhkan pentas yang monoton akan membuat bosan penonton.

“Harus berani tampil beda, misal ada adegan Gatotkaca terbang ya sebisa mungkin Gatotkaca itu terbang betulan,” ucapnya.

Roy optimistis jika hal itu dilakukan, dengan sendirinya kawula muda akan mencintai pertunjukkan tradisi sehingga kekayaan asli bangsa Indonesia tetap terjaga dan tidak diakui bangsa asing.

Menanggapi usulan sang Menteri, Risang Yuwono, salah satu pimpinan ketoprak tobong Kelana Bhakti Budaya yang selama ini mengeluh tidak ada perhatian dari pemerintah terhadap kelompok tobong binaanya akan mencoba menerapkan usulan Roy Suryo.

Pihaknya bahkan akan melibatkan arsitek komunitas (Arkom), sebuah organisasi yang peduli terhadap aset budaya Jawa termasuk seni tradisi. “Kami akan coba melakukan inovasi pada 2014,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya