SOLOPOS.COM - Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep (kanan) dan Erina Gudono (kiri) saat proses akad nikah di Pendapa Ageng Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022). (Solopos.com/Wulan)

Solopos.com, SLEMAN –  Kaesang Pangarep dan Erina Gudono sah menjadi suami istri setelah melakukan ijab kabul di Pendapa Ageng, Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022). Ijab kabul dilakukan oleh petugas KUA Depok, Sleman, Yogyakarta.

Erina dan Kesang dinikahkan langsung oleh wali nikah yang juga kakak sulung Erina, Allen Gudono. Allen menggantikan mendiang ayahnya, Mohammad Gudono.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Menteri PUPR Mochamad Basuki Hadimuljono menjadi saksi nikah dari Kaesang dan Mensesneg Pratikno menjadi saksi pernikahan.

Kaesang memberikan mahar Erina dengan seperangkat alat salat, uang sebesar Rp300.000, dan logam mulia. Logam itu ditata secara berurutan dalam bingkai kaca, melambangkan tanggal pernikahan mereka yakni pada Sabtu (10/12/2022).

Logam pertama, emas batangan 10 gram. Disampingnya emas batangan 12 gram, kemudian emas batangan 20 gram, dan emas batangan 22 gram.

Baca juga: Jadi Saksi Akad Nikah Kaesang-Erina, Menteri PUPR Tiba di Royal Ambarrukmo

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Muhadjir Effendy, menjadi juru bicara didampingi kakak sulung Kaesang Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution.

Kaesang memasuki area akad nikah didampingi Presiden Joko Widodo dan Ibunda Iriana Jokowi. Sementara, Erina, mengendarai kereta kuda menuju lokasi akad nikah.

Sebelumnya pasrah calon pengantin putra diwakilkan Menteri Muhadjir Effendi. Penerima pasrah yakni Muhammad Masyhudi, didampingi keluarga Erina,  Hendri Prasojo, dan Bagus.

Kaesang terlihat beberapa kali menghela nafas panjang sebelum mengucapkan akad. Kaesang tertangkap kamera beberapa kali mengambil nafas panjang sejak berjalan menuju pendapa sampai duduk di kursi akad.

Kaesang sempat melirik dan memberikan senyum kepada media, sejenak saat menanti kedatangan calon mempelai putri, Erina. Saat menanti, Kaesang juga sempat menyatukan kedua jempol dan telunjuknya, simbol Sarangeo kepada . Rasa gerogi Kaesang cukup tampak jelas dengan helaan nafas panjangnya itu.

Baca Juga: Antisipasi Potensi Teror Ngunduh Mantu Presiden, Razia Kendaraan Diintensifkan

Erina tampil cantik dengan paes ageng yogyakarata dan kebaya putih, menaiki kereta kencana dari Royal Ambarrukmo menuju Pendapa Ageng.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin terlihat hadir sekitar pukul 12.20 WIB. Sejumlah menteri juga turut hadir. Termasuk artis Raffi Ahmad bersama istri dan putranya.

Sebelumnya, terpantau Solopos.com sejak pukul 08.00 WIB, petugas keamanan melakukan sterilisasi di sekitar area pendapa ageng yang nantinya digunakan untuk resepsi.

Anjing pelacak juga tampak berjaga di sekitaran lokasi pendapa, sementara puluhan Paspampres dengan pakaian batiknya turut mengamankan lokasi sekitar pendapa.

Sejumlah tamu undangan yang terpantau hadir, salah satunya dari kendaraan berpelat nomor RI 9 yang tak lain Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman, yang tak lain adik ipar dari Presiden Jokowi, sekitar pukul 08.25 WIB.

Baca juga: Dibuka dengan Pembacaan Al-Qur’an, Allen Gudono Jadi Wali Nikah Erina-Kaesang

Selain itu, tampak juga kereta kuda dengan hiasan bunga yang terparkir di Halaman Royal Ambarukmo. General Manager Royal Ambarrukmo, Herman Courbois menjelaskan putra bungsu presiden bakal menaiki kereta kuda setelah prosesi akad nikah yang digelar di Pendapa Ageng, Royal Ambarrukma.

“Setelah akad nikah, nanti ganti baju, baru dia datang lagi naik kereta kuda,” jelasnya saat dihubungi Solopos.com, Jumat (9/12/2022). Sementara, untuk transportasi tamu, kata Herman, masing masing akan pakai mobil sendiri. Sementara, untuk rombongan keluarga menggunakan bus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya