SOLOPOS.COM - Prosesi penyembelihan sapi kurban bantuan dari Presiden Jokowi di Dusun Singkil 1 di Kalurahan Tepus, Tepus. Kamis (29/6/2023) - Harian Jogja/David Kurniawan

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Presiden Joko Widodo menyalurkan satu ekor sapi kurban di Dusun Singkil 1, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Proses penyembelihan sapi seberat 1,03 ton itu pun harus melibatkan puluhan orang.

Sapi berkulit hitam itu disembelih pada Kamis (29/6/2023) sekitar pukul 08.45 WIB. Sebelum disembeluh, tukang jagal mengaitkan tali di bagian kaki depan dan belakang sapi.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Prose pengaitan ini, penjagal membutuhkan bantuan beberapa orang untuk mengaitkan tali pada sapi. Setelah terlilit, tali ditarik oleh puluhan orang agar sapi bisa ambruk.

Pada proses selanjutnya, kaki bagian depan diikat menjadi satu. Hal yang sama juga dilakukan di kaki bagian belakang. Setelah terikat, di sela-sela kaki dimasukan batang kayu.

Proses melumpuhkan ini tidak berbeda jauh dengan tata cara penyembelihan sapi-sapi lainnya. Hanya saja yang membedakan, sapi bantuan Jokowi membutuhkan banyak orang.

Tercatat ada sekitar 20 orang menarik dari bagian belakang, sedangkan di bagian samping kanan dan kiri yang menarik juga tidak kalah banyak. Selain itu, ada sekitar enam orang bertugas menginjak batang kayu agar sapi tidak meronta saat disembelih.

Setelah berhasil disembelih, warga bergotong royong memotong sapi untuk kemudian dibagikan kepada warga sekitar.

Lurah Tepus, Hendro Pratopo mengatakan, sapi bantuan dari presiden sangat besar sehingga membutuhkan bantuan banyak tenaga untuk melumpuhkannya.

Menurut dia, biasanya saat kurban, sapi yang disembelih terhitung kecil dan hanya membutuhkan beberapa orang untuk menyembelih.

“Ada puluhan orang membantu agar tidak berontak. Sebab, ukuran sapi dari Pak Presiden sangat besar,” katanya.

Topo mengucapkan terima kasih atas bantuan sapi ini. Adapun dagingnya dibagikan kepada ratusan warga di sekitaran masjid.

“Memang sempat butuh bantuan banyak orang, kami bersyukur penyembelihan berjalan dengan lancar,” katanya.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Gunungkidul, Wibawanti Wulandari mengatakan, ikut memantau proses penyembelihan sapi kurban bantuan dari Presiden Jokowi. Ia memastikan kondisi kesehatan sapi bagus karena sebelum diserahkan sudah melalui tahapan pengecekan.

“Kondisinya bagus dan penyembelihan berjalan dengan lancar,” katanya.

Dia menjelaskan, untuk penyembelihan menerjunkan 154 personel guna memantau pelaksanaan di lapangan.

“Masih didata. Selain dari internal dinas, tim pemantau ada bantuand dari UGM sebanyak 40 orang,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Butuh Puluhan Orang untuk Lumpuhkan Sapi Bantuan Jokowi di Gunungkidul

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya