SOLOPOS.COM - Petugas mengganti jaringan kabel terbuka dengan kabel tertutup di simpang Manahan, Solo, Rabu (5/3). Penggantian tersebut dilakukan agar jaringan listrik lebih aman dan tahan terhadap cuaca buruk. (Dok/JIBI/Solopos)

Sambungan listrik baru di DIY dilayani lima hari kerja jika tidak ada kendala

Harianjogja.com, JOGJA–Layanan permohonan pemasangan sambungan listrik di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dinilai cukup lancar baik melalui contact center (CC) PLN 123 maupun website www.pln.co.id.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Humas PT PLN (Persero) Area Jogja Paulus Kardiman mengatakan, selama ini tidak ada keluhan mengenai pendaftaran oleh calon konsumen. Ia mengatakan, untuk CC123 ada 200 jaringan yang bisa diakses 24 jam. “Jika yang mengakses sampai ribuan ya bisa saja harus antre,” ucap dia, Senin (6/5/2016).

Bagi calon pelanggan, ketika ingin melakukan pemasangan jaringan baru, bisa melakukan pendaftaran melalui contact center (CC) PLN 123 atau website www.pln.co.id. Calon pelanggan akan mendapatkan nomor registrasi. “Syarat-syarat yang disiapkan adalah KPT, contoh rekening listrik terdekat, dan contact person yang bisa dihubungi. Ketentuan lain akan dipandu petugas CC 123,” kata dia.

Calon pelanggan kemudian membayar biaya penyambungan dan perdana sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Petugas PLN melakukan survei ke lokasi calon pelanggan. Kemudian, petugas PLN melakukan pemasangan dan calon pelanggan menandatangani surat perjanjian jual beli tenaga listrik.

“Penyalaan dapat dilakukan setelah calon pelanggan memiliki sertifikat lain operasi [SLO],” ujar dia.

Ia menjelaskan, biaya penyambungan yang semula per VA Rp969 menjadi Rp775 per VA. Seandainya calon pelanggan ingin menyambung daya 1.300 VA, maka akan ada penghematan sekitar Rp252.000.

Kardiman mengatakan, aturan Kementerian ESDM mengenai pelayanan maksimal 25 hari, tidak menjadi persoalan. Pelayanan pemasangan jaringan di DIY masih tergolong lancar dan cepat. “Kalau di DIY, sepanjang tidak ada kendala teknik, maka sambungan baru berkisar lima hari kerja,” ungkap dia, Senin (2/5/2016).

Kardiman menjelaskan, tidak ada kendala teknik yang dimaksud adalah terjangkau jaringan dan jarak terpenuhi. Oleh karena itu, peraturan dari Kementerian ESDM tidak menjadi kendala. Waktu yang lebih lama dibutuhkan jika ketika akan melakukan pemasangan baru perlu dibangun dulu tiang listrik atau menambah jaringan menengah.

“Kalau memang karena ketidakmampuan kami, akan kami komunikasikan ke calon pelanggan. Apakah mau membatalkan atau menunggu. Kalau membatalkan, akan mendapatkan restitusi atau pengembalian pembayaran,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya