SOLOPOS.COM - Ilustrasi green bean alias kopi basah. (JIBI/Solopos/Antara/Yusuf Nugroho)

Dinas Perdagangan (Disdag) Kulonprogo meminta pelaku industri kopi di Kulonprogo, untuk inovatif

Harianjogja.com, KULONPROGO– Dinas Perdagangan (Disdag) Kulonprogo meminta pelaku industri kopi di Kulonprogo, untuk inovatif dan semakin mengembangkan industri tersebut. Hal itu untuk menyambut kehadiran New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Kepala Bidang Industri Disdag Kulonprogo, Dewantoro mengungkapkan, kehadiran NYIA sudah seharusnya menjadi peluang pasar bagi para perajin olahan kopi.

Disdag juga telah menggelar pelatihan, kepada pengusaha perajin kopi, terutama di Menoreh. Pelatihan itu bertujuan membuka wawasan dan pola pikir para pengusaha, agar mereka berorientasi pada konsumen dan pengembangan produk.

Disdag berharap, para pengusaha bisa berkreasi dan berinovasi. Serta membawa olahan kopi Kulonprogo, memiliki nama dan membangun branding. Karena hal itu bisa membantu mengakselerasi pertumbuhan industri kopi Kulonprogo.

“Harapannya, pelaku industri ini bisa membuat kopi Kulonprogo memiliki cita rasa khas seperti kopi dari daerah-daerah lainnya yang sudah populer lebih dahulu. Bekerja dengan kreatif bisa mendukung kemajuan produk lokal Kulonprogo,,” kata dia, Selasa (3/10/2017).

Kepala Disdag Kulonprogo, Niken Probo Laras menjelaskan, program Bedah Menoreh yang melintasi Samigaluh dan Kalibawang harus diambil manfaat dan peluangnya, untuk meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Lewat pelatihan, Disdag ingin memberi pemahaman, bahwa pengusaha kopi saat ini perlu mengetahui teknik penyusunan komposisi sajian kopi, pemanfaatan kopi sebagai bahan olahan makanan yang bervariasi, yang selama ini diminati konsumen.

Niken berharap pengusaha kopi mampu melayani tamu dari semua lapisan dan budaya yang berbeda

“Tapi cita rasa dan kekhasan kopi Kulonprogo jangan sampai hilang, tetap dipertahankan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya