SOLOPOS.COM - Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di Pasar Condongcatur ditutup dan diberi peringatan dilarang membuang sampah, Senin (31/7/2023) - (Harian Jogja/Lugas Subarkah)

Solopos.com, SLEMAN — Pengelola TPA Piyungan membatasi pembuangan sampah dari berbagai daerah. Untuk Kabupaten Sleman, sampah yang boleh dibuang ke TPA Piyungan hanya sebanyak 25 truk sampai 27 truk per hari.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman, Epiphana Kristiyani, mengatakan Sleman hanya diberi jatah untuk membuang sampah ke TPA Piyungan sebanyak 25 sampai 27 truk per hari.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

“Jatah itu sudah termasuk yang jasa pengangkutan swasta,” kata dia, Minggu (3/9/2023).

Bila satu truk mampu membawa lima ton sampah, alokasi tersebut satara 125 ton hingga 135 ton sampah per harinya yang bisa dibuang DLH Sleman ke TPA Piyungan. Padahal rata-rata produksi sampah harian Sleman kini mencapai angka 256 ton. Artinya hanya sekitar 50 persen jumlah sampah masyarakat Sleman yang mampu ditampung ke TPA Piyungan setiap harinya.

Rata-rata harian produksi sampah di Sleman sejatinya menunjukan tren penurunan sejak TPA Piyungan ditutup.  Meski sudah turun sekitar 74 ton dari 330 ton per harinya, tak semua sampah di Sleman bisa dibuang ke TPA Piyungan.

Untuk itu, kata dia, masyarakat masih perlu untuk mengurangi produksi sampah. Hal ini penting supaya produksi sampah bisa berkurang.

“Kita harus tetap pengurangan dan pemilihan sampah, itu harus tetap dilanjutkan,” katanya.

Di sisi lain, gerakan pengelolaan sampah dari berbagai kalangan mulai dari tingkat kalurahan maupun warga, dinilai akan membantu menangani persoalan Sleman. Beberapa pengolahan sampah mandiri yang sudah berjalan di antaranya ada di daerah Sinduadi, Tirtoadi Pandowoharjo dan berbagai lokasi lainnya.

“Ke depan saya pikir dengan kondisi saat ini pengelolaan sampah itu diserahkan Kabupaten/Kota ya kita akan berupaya melaksanakan itu. Alhamdulilah kan sudah dibantu berbagai pihak, oleh karena itu saya yakin lah bisa kita untuk menjalankan perintah dari bapak Gubernur,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Pembuangan Sampah dari Sleman ke TPA Piyungan Dibatasi 25 Truk Per Hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya