SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/dok)

Sapi mati mendadak membuat warga khawatir.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Hewan sapi yang dipelihara warga Dusun Singkar II, Desa Wareng, Wonosari mati mendadak. Dari pantauan Harianjogja.com, setidaknya empat sapi mati tanpa sakit dan luka hanya dalam sepekan.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Sapi-sapi yang ditemukan mati misterius itu, lanjut Keponakan dari Lugiyo, salah seorang pemilik sapi, yaitu Agus Tri Nugroho, sebelumnya diketahui dalam kondisi sehat. Sebab, pada sore harinya, sapi-sapi tadi cukup lahap saat diberi makan dan tidak menunjukkan tanda-tanda sedang sakit. Sapi kemudian diketahui mati pada pagi hari saat pemiliknya hendak memberi makan.

Banyaknya sapi yang mati secara mendadak dan misterius ini membuat warga khawatir. Sebab, di Dusun Singkar II sebagian besar warganya memelihara sapi. Untuk mencegah kejadian serupa terulang, saat ini warga memilih untuk meningkatkan kewaspadaan. Warga memasang lampu di kandang sehingga lebih terang.

” Kami berharap pemerintah segera turun tangan untuk mencari tahu penyebab kematian sapi milik warga,” tutur Agus, Minggu (13/12/2015)

Sementara itu dihubungi terpisah, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Gunungkidul, Krisna Berlian mengungkapkan pihaknya belum mendapatkan informasi mengenai kasus kematian sapi di Dusun Singkar II. Namun untuk memastikan penyebabnya, pihaknya harus melakukan uji laboratorium, dengan terlebih dahulu.

Menurut Krisna, kematian sapi secara misterius ini sebelumnya juga pernah terjadi di wilayah Kecamatan Saptosari. Setelah dilakukan penelitian, diketahui sapi- sapi tersebut mati karena keracunan.

“Kalau yang di Saptosari itu karena keracunan. Kematian sapi-sapi ini, bisa diakibatkan karena diracun atau memakan makanan yang mengandung racun,” tutur Krisna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya