SOLOPOS.COM - Air terjun Kedungkandang, Patuk, Gunungkidul. - Instagram.

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Air Terjun Kedung Kandang yang ada di Kalurahan Nglanggeran, Kapanewon Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, hilang karena diterjang proyek pembangunan jalan baru Gunungkidul-Sleman.

Lantaran air terjun eksotis yang berundak-undak itu sudah hilang membuat wisatawa lokal dan wisatawan asing kecele saat mendatangi lokasi tersebut.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Nglanggeran, Mursidi, mengatakan Air Terjun Kedung Kandang merupakan salah satu destinasi wisata Nglanggeran, selain di kawasan Gunung Api Purba. Air terjun ini cukup populer bagi wisatawan. Tingkat kunjungan wisatawannya pun cukup tinggi, terutama saat musim penghujan.

“Air terjun ini [Kedungkadang] merupakan musiman karena akan terlihat bagus saat musim penghujang dengan debit air yang melimpah,” kata Mursidi kepada wartawan, Senin (10/4/2023).

Meski demikian, dengan adanya pembangunan jalan baru membuat air terjun jadi menghilang. Hal ini pun berdampak terhadap kunjungan, karena ia mengakui banyak wisatawan, khususnya turis asing yang kecele karena gagal melihat air terjun.

“Sehari ada satu atau dua wisatawan asing datang ke Kedungkandang, tapi yang dilihat hanya pengerjaan jalan,” ungkapnya.

Dampak dari pembangunan tersebut, sambung Mursidi, pengelola memilih menonaktifkan sebagai destiniasi wisata.

“Kedung Kandang jadi salah satu daya tarik wisatawan, tapi karena ada pengerjaan jalan baru maka kami off kan,” katanya.

Disinggung mengenai keberlanjutan destinasi di Air Terjun Kedung Kandang, Mursidi belum bisa memberikan jawab pasti. Ia lebih memilih menunggu situasi dan kondisi berkaitan dengan pembangunan jalan.

“Kami masih menunggu pembangunan jembatan apakah masih memungkinkan menjadi daya tarik wisata atau tidak,” katanya.

Lurah Nglanggeran, Widada, mengatakan saat ini lokasi Air Terjun Kedung Kandang tak bisa dikunjungi. Selain airnya sudah surut, juga terdapat proyek pembangunan jalan baru penghubung Gunungkidul-Sleman.

Menurut dia, sudah ada komunikasi dengan pengembang dan ada janji akan mengupayakan agar keberadaan destinasi wisata tetap eksis.

“Syukur-syukur nanti dengan dibangunnya jembatan, maka bisa menjadi daya tarik tersendiri. Saya berharap janji untuk pemulihan dapat diwujudkan, meski tidak seperti pada saat sebelum ada pembangunan,” katanya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan, sudah melakukan koordinasi dengan warga di Kalurahan Nglanggeran terkait dengan dampak pembangunan jalan. Menurut dia, pembangunan yang dilakukan juga sebagai upaya meningkatkan roda perekonomian masyarakat dalam bentuk kemudahan akses untuk mobilitas.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Air Terjun Kedungkandang Gunungkidul Lenyap Gegara Proyek Jalan, Turis Asing Kecele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya