SOLOPOS.COM - Warga bersama dengan aparat keamanan dari TNI dan Polri melakukan kerja bakti membersihkan puing-puing rumah yang terbakar di Kalurahan Ngalang, Gedangsari. Kamis (23/3/2023). - Istimewa.

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Satu rumah di Dusun Karangayar, Ngalang, Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, ludes terbakar, pada Kamis (23/3/2023) sekitar pukul 04.30 WIB.

Kapolsek Gedangsari, AKP Suryanto, mengatakan rumah yang terbakar ini milik Agus Santoso, 45. Kebakaran ini pertama kali diketahui tetangga korban yang kebetulan sedang keluar rumah.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

“Saksi sempat mendobrak pintu rumah untuk mencari pemilik, tapi ternyata sedang salat berjemaah di musala. Seketika itu, langsung membunyikan kentongan untuk meminta pertolongan bagi warga sekitar,” kata Suryanto kepada wartawan, Kamis siang.

Meski demikian, upaya warga untuk memadamkan api tidak membuahkan hasil. Salah satu kendalanya adalah ketersediaan air yang minim di lokasi kejadian.

“Sekitar pukul 06.00 WIB api padam setelah membakar seluruh isi bangunan. Upaya pemadaman memang difokuskan agar tidak menjalar ke rumah warga lainnya,” katanya.

Suryanto memastikan di dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa. Meski demikian, berdasarkan hasil identifikasi di lapangan ada kerugian material mencapai Rp150 juta. Kerugian materi itu dirinci uang tunai senilai Rp1,5 juta, perhiasan, perkakas elektronik, dan bangunan rumah.

Mengenai penyebab kebakaran, dia mengaku belum bisa memastikan. Namun, diduga kuat kebakaran ini karena adanya hubungan pendek arus listrik.

“Kemungkinan ada korsleting sehingga memincu terjadinya kebakaran,” katanya.

Kasubag Humas Polres Gunungkidul, Iptu Suranto, mengatakan sudah mendapatkan laporan berkaitan dengan peristiwa kebakaran di Kalurahan Ngalang, Gedangsari. Ia berharap peristiwa ini menjadi pelajaran bersama sehingga kasus yang sama tidak terulang.

Oleh karena itu, ia meminta kepada masyarakat untuk terus berhati-hati. Selain itu, guna mengurangi risiko kebakaran diminta rutin mengecek instalasi listrik yang dimiliki.

“Jangan lupa pada saat meninggalkan rumah juga dipastikan kompor dalam keadaan mati,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Ditinggal Salat Subuh di Awal Ramadan, Rumah Warga Gedangsari Ludes Terbakar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya