SOLOPOS.COM - Ilustrasi nenek. (Freepik)

Solopos.com, BANTUL — Seorang wanita lanjut usia yang mencuri makanan dihajar massa di Pasar Niten, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Diduga nenek-nenek tersebut mencuri kue di salah satu lapak pedagang karena lapar.

Peristiwa  itu terjadi pada Sabtu (26/8/2023). Dalam video yang beredar luas, wanita lansia bernama Ngatinah itu terlihat dipukuli. Diketahui nenek tersebut merupakan warga Ngrame, Kasihan, Bantul.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Seorang pedagang Pasar Niten berinisial M mengatakan nenek-nenek tersebut mencuri karena dalam kondisi terpaksa dan lapar.

”Ramai ramai orang datang dan langsung menampar korban setelah ada teriakan maling,” kata M saat ditemui harianjogja.com (Solopos Media Group) pada Senin (28/8/2023).

Dia mengatakan petugas keamanan pasar kemudian langsung mengamankan nenek tersebut dan membawanya ke padukuhan. Dia menyayangkan adanya tindakan kekerasan dalam peristiwa itu.

“Harusnya dilihat dulu latar belakangnya, tidak perlu sampai ada kekerasan. Itu kan makanan, beda kalau yang dicuri perhiasan, kalau orang paham harusnya mikir kalau dia kondisinya seperti apa. Apakah karena lapar atau karena sebab lain,” imbuhnya.

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana, mengatakan pencurian kue dan tindakan main hakim dilaporkan oleh aparat Polsek Kasihan.

“Peristiwa itu dilaporkan kepada kami melalui Bhabinkamtibmas setempat yang menyebut telah terjadi pencurian dan perbuatan main hakim sendiri oleh warga kepada ibu bernama Ngatinah,” kata Jeffry saat ditemui di Polres Bantul, Senin Sore.

Dia mengatakan kedua pihak sudah saling memaafkan dan tidak ingin memperpanjang masalah tersebut. Kendati begitu, Iptu I Nengah Jeffry menegaskan bahwa kekerasan berupa tamparan berkali-kali tersebut seharusnya tidak perlu terjadi.

“Ini dilakukan orang-orang yang sudah geram, tapi juga ada yang ikut-ikutan main hakim sendiri. Kami sangat menyayangkan tindakan main hakim sendiri,” ujar dia.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Nenek yang Lapar Dihakimi Massa karena Curi Kue di Pasar Niten, Begini Penjelasan Polres Bantul

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya