SOLOPOS.COM - Beberapa ATM yang ada di area toko modern berjejaring masih belum dapat digunakan karena terjadi gangguan satelit Telkom 1, Senin (28/8/2017). (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)

Beberapa Anjungan Tunai Mandiri (ATM) masih terlihat offline

 

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Harianjogja.com, JOGJA-Beberapa Anjungan Tunai Mandiri (ATM) masih terlihat offline. Masyarakat diminta melakukan transaksi di ATM yang berada di kantor bank.

Berdasarkan pantauan Harianjogja.com, Senin (28/8/2017) ATM BCA dan Bank Mandiri di salah satu toko modern berjejaring di Jalan Kaliurang terlihat belum beroperasi. Pada layar ATM ada tulisan di atas kertas bahwa ATM offline. Sementara ATM BNI yang berada di satu area dengan kedua ATM tersebut sudah dapat digunakan meski terkadang masih eror.

Salah satu pengunjung, Silvia, yang rencananya akan melakukan tarik tunai terpaksa mengurungkan niatnya. “Mau buat belanja sebenarnya. Repot juga kalau begini,” katanya.

Head of Network and Service BNI Kantor Wilayah Jogja Wawan Adinarmihardja mengatakan, saat ini memang masih dilakukan maintenance ulang secara bertahap terhadap jaringan agar kembali normal. Setidaknya, ada 35 ATM yang offline dari total 387 ATM yang ada di seluruh DIY.

Ia mengatakan, kondisi ini tidak mengganggu kinerja bank karena nasabah beralih ke ATM terdekat. “Nasabah juga dapat melakukan transaksi di outlet kami yang alhamdulilah tidak terdampak,” kata Wawan.

Tidak hanya Bank Mandiri, BNI, dan BCA yang mengalami offline karena gangguan satelit Telkom 1, bank BRI juga terdampak dari gangguan itu sehingga 300 ATM BRI secara nasional tidak dapat beroperasi. Empat di antaranya terjadi di Wilayah Jogja, di antaranya Unit Karangan Purbalingga, Unit Reco Wonosobo, Sanata Dharma Jogja, dan di PDAM Magelang.

“Memang ada beberapa ATM yang menggunakan satelit Telkom 1 tapi saat ini sudah kami pindahkan ke jaringan fiber optik BRISat sehingga hari ini sudah bisa online normal seperti biasa,” kata Andik Eko Putro selaku Kepala Kanwil BRI Jogja.

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) DIY Budi Hanoto mengatakan, sejak Minggu (27/8/2017) sudah dilakukan langkah-langkah perbaikan oleh bank yaitu memindahkan ke jaringan lain. Namun jika masih didapati ATM offline, nasabah dianjurkan menggunakan ATM yang tidak terkena dampak gangguan satelit atau yang berada di gedung bank yang relatif aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya