SOLOPOS.COM - Ilustrasi Demo Mahasiswa (Antara-Angga Trisatya)

Solopos.com, JOGJA — Demo besar-besaran akan dilakukan mahasiswa se-Indonesia di Jakarta pada Senin (11/4/2022). BEM dari sejumlah universitas di Jogja, seperti Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) akan mengirimkan perwakilannya untuk ikut demo.  Di samping itu, Forum BEM se-DIY juga menggelar aksi pada Sabtu (9/4/2022).

Ketua BEM UGM, Muhammad Khalid, menjelaskan terkait aksi 11 April mendatang belum ada keputusan pasti apakah akan berangkat atau tidak. Namun ia memastikan ada perwakilan yang akan berangkat. “Kami ada perwakilan ke sana,” ujarnya, Sabtu (9/4/2022).

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Sementara itu, Ketua BEM UNY, Ryan Maulia Muhammad, memastikan pihaknya akan terlibat dalam aksi di Jakarta. “BEM UNY akan ikut serta di aksi nasional tanggal 11 April di Jakarta,” kata dia ketika dimintai konfirmasi.

Baca Juga: Rencana Demo Besar Mahasiswa 11 April di Istana, Polisi: Belum Berizin

Ketua BEM UIN Sunan Kalijaga, Syaidurrahman Alhuzaifi, mengatakan belum memutuskan akan ikut ke Jakarta atau tidak. Saat ini, BEM UIN Sunan Kalijaga masih dalam tahap pembacaan. “Masih akan kami follow up lagi,” ungkapnya.

Khalid mengatakan Forum BEM se-DIY telah menggelar aksi di 0 Km di Jogja, Sabtu ini. Aksi ini menjadi bentuk penolakan tegas terhadap serangkaian kebijakan pemerintah yang menimbulkan krisis ekonomi dan demokrasi bagi masyarakat.

Sejumlah isu yang diangkat kelangkaan dan melambungnya harga minyak goreng sebagai komoditas pokok, disusul kenaikan harga BBM non-subsidi dan PPN secara serentak. Ini berimbas pada kenaikan komoditas lainnya, serta wacana penundaan pemilu dan perpanjangan periode presiden sebagai isu utama.

Baca Juga: Ricuh! Demo Mahasiswa di Semarang Tolak Jokowi 3 Periode

Beberapa isu turunan seperti maraknya konflik agraria sebagai imbas dari percepatan pembangunan selama beberapa periode belakangan. Kemudian, komersialisasi dan reduksi kebebasan akademik di lingkungan pendidikan, serta isu klitih yang belakangan kembali mencuat di DIY turut menjadi persoalan yang disuarakan kepada pemangku kebijakan untuk segera ditindaklanjuti.

 

Artikel ini telah tayang di harianjogja.com pada Sabtu (9/4/2022) dengan judul “Demo Besar, Mahasiswa di Jogja Bakal Bergerak ke Jakarta.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya