SOLOPOS.COM - Ilustrasi siswa sekolah dasar (JIBI/Solopos/Dok.)

Harianjogja.com, BANTUL–Sebanyak 97.729 siswa SMA, MA dan SMK di Kabupaten Bantul siap menghadapi ujian akhir nasional (UAN) yang akan diselenggarakan serentak selepas pelaksanaan pemilu yakni 14-16 April 2014 mendatang.

Kesiapan untuk mempertahankan prestasi Bantul dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya pemberlakuan jam tambahan dan pelatihan ujian yang terus ditingkatkan.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Kepala Dinas Pendidikan Dasar (Dikdas) Bantul Masharun mengatakan, setiap sekolah yang hendak melaksanakan ujian nasional wajib melaksanakan pelatihan ujian atau try out dengan volume kegiatan minimal 12 kali sampai mendekati pelaksanaan UAN nanti.

“Minimal volume kegiatan try out dilakukan 12 kali sampai ujian nanti untuk membentuk kesiapan secara matang siswa seperti dilakukan sejumlah sekolah saat ini musim try out,” kata Masharun, Senin (3/3/2014).

Masharun mengingatkan kesuksesan siswa menempuh ujian tidak hanya ditentukan dari volume kegiatan try out dilaksanakan atau adanya tambahan jam pelajaran atau adanya pola bimbingan khusus bagi siswa, melainkan suasana kondusif tingkat keluarga dan lingkungan tinggal juga turut menentukan.

Ia berharap keluarga memberikan dukungan penuh bagi putra-putrinya agar sejak dini memiliki kesiapan yang baik.

Mendekati pelaksaaan UAN, Masharun akan meminta Bupati Bantul Sri Surya Widati dan jajaran kepolisian Bantul untuk bisa menangguhkan izin keramaian kegiatan umum bersifat hiburan masyarakat.

Tujuannya, supaya konsentrasi peserta UAN yang sedang mempersiapkan diri tidak terpecah dan terganggu.

“Terlebih ada dua SMA di Bantul yakni SMA Imogiri dan SMA 17 yang berada di dekat lapangan yang di masa kampanye nanti rentan terganggu. Kami minta pengertian dari semua parpol agar dalam kampanye terbuka nanti menghindari kompleks pendidikan,” tambah Suherman selaku Kepala Bidang Pendidikan menengah Atas (Dikmentas) Bantul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya