SOLOPOS.COM - Herry Zudianto (DOK)

Herry Zudianto (DOK)

JOGJA—Proses serah terima jabatan Walikota Jogja akan dilakukan pada Selasa (20/12) malam. Keputusan tersebut diambil setelah disesuaikan dengan jadwal Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono sebagai Kepala Daerah yang melantik Walikota terpilih.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Pelantikan tersebut akan dilakukan pada malam hari sekitar pukul 19.00 WIB melalui agenda rapat paripurna di kantor DPRD Kota Jogja.

Sebelumnya, pelaksanaan pelantikan Walikota terpilih Kota Jogja masih simpang siur. Hal itu disebabkan karena jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya ternyata bersamaan dengan agenda penerimaan DIPA oleh Gubernur di Jakarta. Sebelumnya pemerintah Kota Jogja merencanakan pelantikan dilakukan pada Selasa siang.

Sekretaris DPRD Kota Jogja, Bejo Suwarno menjelaskan, keputusan pelaksanaan pelantikan Walikota terpilih tersebut dilakukan setelah mendapat kepastian dari jadwal Gubernur. Dia menjelaskan, pelaksanaan pelantikan tidak bisa di mundurkan karena berkaitan dengan pergantian Plt.

“Kalau mundur tidak mungkin karena harus ada Plt. Nah sesuai hasil rapat dengan provinsi akhirnya diputuskan pelantikan walikota terpilih dilakukan pada Selasa malam pukul 19.00 – 21.00 WIB melalui mekanisme rapat paripurna di kantor DPRD Kota Jogja,” katanya.

Untuk seluruh kegiatan pelantikan, kata Bejo, dibutuhkan anggaran hingga Rp330 juta. Jumlah tersebut dianggarkan untuk kegiatan sejak proses pemaparan visi misi Walikota hingga proses pelantikan besok. Seperti diketahui, Walikota Jogja akan dijabat oleh Haryadi Suyuti menggantikan Herry Zudianto.(Harian Jogja/Rina Wijayanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya