SOLOPOS.COM - Suasana underpass Kentungan pada hari pertama uji coba larangan sepeda motor masuk underpass Senin (14/8/2023). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Solopos.com, SLEMAN — Uji coba larangan kendaraan sepeda motor melintas di underpass Jombor dan Kentungan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, secara resmi digelar. Uji coba dilakukan selama sepekan mulai Senin hingga Senin (14-21/8/2023).

Pantauan Harianjogja.com (Solopos Media Group), Senin, masih banyak pengendara sepeda motor tampah melintasi underpass pada hari pertama uji coba. Pada pukul 13.50 WIB, terlihat masih banyak pemotor yang melintasi dua pintu keluar masuk underpass Jombor dan Kentungan.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Kasatlantas Polresta Sleman, Kompol Andhies Fitriya Utomo, menyampaikan alasan kebijakan pelarangan sepeda motor melewati underpass Jombor dan Kentungan ini. Uji coba ini didasari angka kecelakaan di area underpass yang terjadi sepanjang Januria hingga Juli 2023.

“Karena memang terkait dengan angka kecelakaan di underpass di titik itu dan fatalitasnya dan memang hasil dari rapat audit dari forum lalu lintas tingkat Pusat,” kata Andhies dihubungi via telepon, Senin (14/8/2023).

Secara rinci, Andhies memaparkan dari Januari-Juli terjadi sembilan kasus kecelakaan di underpass Kentungan. Dari sembilan kasus tersebut kata Andhies, tujuh di antaranya melibatkan kendaraan roda dua.

Sementara dari tujuh kasus yang melibatkan sepeda motor di underpass Kentungan, dua kecelakaan berujung maut atau mengakibatkan warga meninggal dunia.

Lebih lanjut, Andhies menerangkan bila kedepan pihaknya akan menambahkan rambu larangan agar sepeda motor tidak melintasi underpass. Pemasangan akan dilakukan dalam masa uji coba saat ini.

“Dalam masa uji coba ini [pemasangan rambu]. Nanti kan pemasangan oleh Balai Pengelola Transportasi Darat [BPTD] DIY. Nanti itu kewenangan instansi tersebut, jadi nanti kami bantu untuk mengamankan,” tuturnya.

Andhies berpesan kepada pengendara roda dua untuk mematuhi aturan lalu lintas yang diterapkan demi keselamatan para pengemudi.

“Disampaikan kepada masyarakat agar lebih mengutamakan keselamatan dalam berkendara. Sehingga gunakanlah jalur yang sudah sesuai agar bisa tercipta keselamatan berlalu lintas,” kata dia.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Uji Coba Larangan Motor Melintas di Underpass Jombor & Kentungan Dimulai Pekan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya