SOLOPOS.COM - Foto Pasar Beringharjo JIBI/Harian Jogja/Antara

Foto Pasar Beringharjo
JIBI/Harian Jogja/Antara

Harianjogja.com, JOGJA-Dinas Pengelolaan Pasar Kota Jogja menyiapkan sepuluh pasang pemandu di Pasar Beringharjo, menjelang dan selama libur Lebaran untuk membantu pengunjung pasar yang membutuhkan informasi tentang pasar.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

“Sudah sejak pekan terakhir Juli para pemandu ini bertugas. Mereka akan terus bertugas selama dua pekan hingga libur Lebaran berakhir,” kata Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Kota Jogja, Suyana, Sabtu (3/8/2013).

Seluruh pemandu yang bertugas di Pasar Beringharjo tersebut bukan berasal dari pegawai di Dinas Pengelolaan Pasar Kota Jogja seperti tahun-tahun sebelumnya, namun merupakan pekerja yang dikontrak khusus untuk menjalankan tugas tersebut.

Sebelum menjalankan tugasnya, seluruh pemandu tersebut juga telah memperoleh pembekalan dari Dinas Pengelolaan Pasar mengenai kondisi dan peta pasar termasuk letak berbagai fasilitas umum yang strategis. Saat menjalankan tugas pada pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB, seluruh pemandu juga diminta mengenakan pakaian tradisional Jogja.

Seluruh pemandu tersebut ditempatkan di pintu-pintu masuk Pasar Beringharjo serta di beberapa lokasi yang selalu dipadati pengunjung seperti di bagian tengah pasar. Mengenai puncak kedapatan pengunjung di Pasar Beringharjo, Suyana mengatakan tidak dapat memperkirakan dengan pasti karena libur Lebaran yang berada di akhir pekan dan cuti bersama di awal pekan.

“Pengunjung sudah ada kenaikan sejak akhir Juli sebesar 20 persen dibanding hari biasa, yaitu dari 50.000 orang per hari menjadi 60.000 pengunjung per hari,” katanya.

Saat puncak, lanjut dia, jumlah pengunjung di Pasar Beringharjo diperkirakan bisa mencapai lebih dari 100.000 pengunjung. “Kami juga sudah menyiapkan petugas keamanan internal. Meskipun tidak ada penambahan petugas, namun mereka diminta untuk meningkatkan intensitas pengawasan. Ada 46 petugas yang berjaga,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya