SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

GUNUNGKIDUL—Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunungkidul berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul mengakselerasi program-program yang telah direncanakan agar serapan belanja daerah tidak rendah.

Anggota Komisi B DPRD Gunungkidul Arif Setiadi mengatakan Gunungkidul mendapat tambahan kekuatan belanja sebesar Rp 90 miliar.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

“Kekuatan itu berasal dari pendapatan daerah dan pemanfaatan Silpa [sisa lebih penggunaan anggaran],” kata Arif kepada Harian Jogja, belum lama ini.

Arif mengatakan pendapatan daerah itu sebesar Rp48 miliar, yang terdiri dari pendapatan asli daerah sebesar Rp11 miliar, dana perimbangan Rp5 miliar serta pendapatan lain-lain sebesar Rp32,7 miliar.

“Pemanfaatan Silpa 2011 sebesar Rp42 miliar,” katanya.

Tambahan kekuatan belanja ini dinilainya bagus. Realisasi pendapatan daerah telah mencapai 54% pada semester pertama. Namun, realisasi belanja daerah dinilainya buruk.

“Baru terserap 35% atau sebesar Rp1,25 triliun. Parahnya, serapan belanja langsung hanya 17%,” katanya.

Adapun serapan belanja tidak langsung mencapai 43%. Menurutnya, apabila serapan rendah, program-program yang telah direncanakan dapat menumpuk di akhir tahun.

“Kalau programnya enggak jalan, pertumbuhan ekonomi bisa jadi rendah,” katanya.

Arif mengatakan pemerintah perlu mempercepat pelaksanaan program-program yang telah direncanakan supaya pertumbuhan ekonomi tidak rendah.

“Program itu misalnya pembangunan-pembangunan infrastruktur,” katanya.

DPRD Gunungkidul membahas persoalan ini dalam rapat Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas dan Plafon Angggaran Sementara (PPAS) untuk Perubahan APBD Tahun Anggaran 2012.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya