SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/Dok)

ilustrasi pencari kartu kuning

Harian Jogja.com, SLEMAN—Permintaan kartu pencari kerja atau biasa disebut kartu kuning di Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Kabupaten Sleman meningkat. Kebanyakan para pencari kerja ini adalah wajah-wajah baru.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Kepala Bidang Tenaga Kerja Disnakersos Sleman, Sutiasih, mengatakan permintaan kartu kuning meningkat hingga 100%. Menurutnya, Senin (12/8/2013) silam, tercatat 92 orang mengurus kartu kuning ini.

“Padahal kalau hari biasa kami hanya melayani sekitar 50 orang pencari kartu kuning. Permintaan ini meningkat. Namun sejak dua hari ini permintaan kartu kuning kembali normal,” kata Sutiasih, Selasa (20/8/2013).

Sutiasih mengatakan, permintaan kartu kuning ini didominasi oleh masyarakat yang hendak mengikuti seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Meskipun pendaftaran belum dibuka, namun banyak orang yang ingin segera mendaftarkan ini.

Dia memprediksi permintaan kartu kuning ini masih akan meningkat hingga menjelang pendaftaran CPNS. Biasanya, warga yang meminta kartu pencari kerja akan meningkat hingga 500%.

Di sisi lain, Sutiasih mengatakan selama libur lebaran, Disnakersos juga membuka posko untuk melayani warga yang mencari kartu kuning. “Tercatat, selama libur lebaran sebanyak 29 orang mengajukan permintaan kartu pencari kerja,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya