SOLOPOS.COM - Pemerintah akan kembali membuka lowongan untuk formasi CPNS dan PPPK 2022 dengan total kuota penerimaan sebanyak 1.086.128 orang. (Ilustrasi/Solopos Dok)

Solopos.com, BANTUL — Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengajukan 819 formasi dalam seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) pada rekrutmen tahun 2023. Rencananya pendaftaraan akan dimulai pada September tahun ini.

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bantul, Triyanto, mengatakan jadwal seleksi CASN dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) dibuka mulai September mendatang.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

“Jadwal dari BKN sudah ada. Sekarang persiapan seleksi sambil koordinasi,” kata dia, Kamis (17/8/2023).

Meski jadwal CASN dari BKN sudah keluar, tetapi pihaknya masih menunggu pengumuman resmi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Dalam seleksi CASN tahun ini, Pemkab Bantul mengajukan sebanyak 819 formasi.

Jumlah formasi tersebut terdiri dari formasi tenaga fungsional pendidikan sebanyak 466 formasi, tenaga kesehatan 268 formasi, dan tenaga teknis 85 formasi. Triyanto mengklaim jumlah formasi CASN tersebut sudah disetujui oleh Kemenpan RB.

Lebih lanjut, Triyanto mengatakan 819 formasi yang diajukan semuanya adalah kategori Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK. Sebenarnya, Triyanto berujar jumlah formasi yang diajukan tersebut masih belum bisa memenuhi kekurangan pegawai di lingkungan Pemkab Bantul sekitar 2.000 orang.

Namun, yang diajukan menyesuaikan dengan kemampuan anggaran.

“Pengajuan formasi ini kan harus menyesuaikan kemampuan anggaran untuk gaji. Jadi formasi yang diajukan sudah disesuaikan dengan kemampuan anggaran,” tandasnya.

Dengan sudah keluarnya jadwa seleksi CASN, Triyanto meminta masyarakat yang ingin menjadi ASN untuk mempersiapkan diri mulai dari persyaratan administrasi hingga seleksi kompetensi dasar dan seleksi kompetensi bidang.

Ia memastikan proses seleksi CASN ini transparan dan akuntabel sehingga Triyanto meminta masyarakat untuk tidak mempercayai pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan menjanjikan lolos CASN dengan membayar sejumlah uang.

“Jangan percaya dengan tawaran yang bisa meloloskan CASN dari siapapun,” tandasnya.

Adapun jadwal seleksi CASN 2023 untuk pengumuman dimulai tanggal 16-30 September, pendaftaran seleksi dan seleksi administrasi tanggal 17 September sampai 3 Oktober, pengumuman hasil seleksi administrasi tanggal 6-9 Oktober.

Kemudian masa sanggah 10-12 Oktober, jawab sanggah 10-14 Oktober, pengumuman pascasanggah 13-19 Oktober, penjadwalan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) 23-26 Oktober, pelaksanaan SKD 31 Oktober-9 November, pengumuman hasil SKD 12-14 November, masa sanggah 15-17 November, jawab sanggah 15-19 November, pengolahan nilai SKD hasil sanggah 18-22 November, pengumuman pascasanggah 18-24 November, pemetaan titik lokasi Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan CAT 25-27 November, dan pemetaan titik lokasi  SKB dengan CAT oleh peserta seleksi 28-30 November.

Seleksi dilanjutkan dengan penjadwalan SKB dengan CAT 3-4 Desember, pengumuman daftar peserta, waktu dan tempat SKB dengan Cat 5-7 Desember. Sementara pelaksanaan SKB digelar pada 8-14 Desember 2023.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Seleksi CASN 2023 Dibuka September, Ini Formasi yang Dibutuhkan di Bantul

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya