SOLOPOS.COM - Ilustrasi keramaian malam Tahun Baru. (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, JOGJA — Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda DIY bersiap mengamankan perayaan malam Tahun Baru 2023 nanti malam. Selain rekayasa lalu lintas, kantong-kantong parkir bagi warga yang ingin merayakan malam Tahun Baru 2023 di Jogja juga telah disiapkan.

Dirlantas Polda DIY, Kombes Alfian Nurrizal, menjelaskan beberapa kantong parkir yang telah disediakan misalnya di Tempat Khusus Parkir (TKP) Senopati- Ngabean, Mal Malioboro, Angkringan Jaman Edan.

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

“Kami juga melakukan koordinasi dengan juru parkir di Mc Donald. Mendekati pergantian tahun pada pukul 22.30 WIB sudah ramai oleh kendaraan bermotor baik roda dua dan roda empat. Bisa parkir di beberapa kantong parkir,” ucapnya, Sabtu (31/12/2022).

Menurutnya, Ditlantas Polda DIY juga melakukan antisipasi keberadaan parkir liar saat malam tahun baru di Jogja. Lokasi yang dipantau antara lain Jalan Mataram, Jalan Pasar Kembang, dan Tugu. Koordinasi juga telah dilakukan dengan juru parkir setempat.

“Kami juga meyiapkan tim urai jika terjadi kepadatan. Tentunya kan eskalasi pada malam ini meningkat, tim urai 23 dipimpin tiga perwira akan melakukan penguraian kepadatan,” paparnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, di malam tahun baru parkiran Abu Bakar Ali dan Ngabean tidak diperbolehkan untuk parkir bus, hanya untuk roda empat dan roda dua saja. “Enggak diperbolehkan infomasi dari Dinas Perhubungan, saya sampaikan saja hasil koordinasi kami.”

Alfian mengatakan jalan Malioboro hingga Titik Nol Kilometer, dan Keraton Jogja akan dibuka pada malam tahun baru. Sehingga wisatawan bisa menikmati malam pergantian tahun dengan nyaman.

“Ini inovasi terobosan dan tentunya masyarakat yang ingin menikmati, bagi pengguna roda dua, roda empat, komunitas sepeda dan lainnya kami akomodasi. Karena masyarakat [datang] ke Malioboro tidak hanya untuk belanja, tapi ingin melintasi saja.”

Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol Yuliyanto, mengatakan kepolisian akan melakukan pengamanan pelaksanaan kegiatan-kegiatan masyarakat di momen Natal dan Tahun Baru (Nataru). Salah satunya dengan penjagaan di tempat-tempat masyarakat beraktivitas dan pengaturan lalu lintas.

“Lalu lintas yang padat ini harus disiasati. Meski jalan tersendat tapi ada polisi di ujung jalan, kalau perlu hal-hal urgent bisa diminta tolong kami tempatkan personil di tempat-tempat tersebut,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya